Khasiat dan Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh

By:
Tag: Manfaat Daun
Tanah air kita memang memiliki kekayaan hayati yang luar biasa termasuk tanaman-tanaman dengan khasiat obat atau yang sering disebut tanaman herbal. Apalagi beberapa tahun terakhir ini masyarakat mulai beralih pada terapi penyembuhan herbal setelah beberapat jenis tumbuhan terungkap manfaat obatnya melalui riset ilmiah, seperti daun sirsak atau kulit manggis. Salah satu tanaman herbal yang juga cukup populear adalah manfaat daun sambiloto untuk kesehatan kita sekaligus sebagai obat untuk beberapa penyakit yang tergolong berbahaya.

Khasiat dan Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh
Daun Sambiloto yang berkhasiat untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan dan Kandungannya

Nama ilmiah tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan ini adalah Andrographis paniculata dan terkenal dengan karakter daunnya yang sangat pahit. Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan ini sangat besar sehingga sering menjadi terapi penyembuhan alternatif bagi masyarakat. Daun sambiloto memiliki kandungan zat antioksidan tinggi yang disebut flavonoid yang berkhasiat untuk menghambat proses oksidasi atau efek negatif radikal bebas.

Paparan radikal  bebas yang bersumber dari polusi lingkungan atau konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan pengawet dapat menjadi pemicu menurunnya kesehatan kita hingga resiko terbentuknya penyakit kanker. Sama dengan manfaat daun afrika untuk kesehatan, daun sambiloto mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner atau penyakit yang diakibatkan melemahnya metabolisme tubuh seperti diabetes melitus.

Konsumsi ekstrak daun sambiloto juga bermanfaat untuk meningkatkan potensi sel  hepar untuk melakukan perbaikan sehingga sel hepar yang rusak akan tergantikan. Efek positif sambiloto tidak hanya mampu menunjang regenerasi sel hepar, melainkan juga dapat memperbaiki kerusakan pada organ hati karena toksisitas BHC dengan meningkatkan produksi enzim antioksidan yang disebut glutation.
Baca: Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan
Penyakit lain yang mampu diatasi dengan pengobatan menggunakan daun sambiloto adalah thypus atau tifoid, diare termasuk dysentri, infeksi saluran napas, radang paru-paru, tekanan darah tinggi, influensa, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan dosis yang tepat bagi keluhan kesehatan yang Anda derita sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan herbalis profesional.

Cara Mengolah dan Mendapatkan Manfaat Daun Sambiloto

Ambil sekitar  20 gram daun sambiloto segar kemudian cuci sampai bersih dan keringkan. Daun yang sudah kering ini dapat dikonsumsi dengan cara  diseduh seperti menyeduh teh biasa atau direbus untuk kemudian dikonsumsi air rebusannya. Untuk merasakan khasiat daun bagi kesehatan, air seduhan daun pada umumnya dikonsumsi dengan dosis 3 hingga 4 kali sehari. Ekstrak daun sambiloto juga sudah tersedia dalam bentuk olahan di pasaran, yaitu dalam bentuk kapsul atau kaplet. Hal ini tentu akan lebih praktis.
Baca juga: Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
Khasiat lain dari ekstrak daun sambiloto adalah dijadikan sebagai pengobatan luar untuk masalah kulit seperti jerawat, bisul, atau eksim. Anda cukup mengambil daun sambiloto segar secukupnya kemudian dihaluskan dan langsung diaplikasikan pada bagian kulit yang bermasalah. Lakukan secara teratur hingga kulit sembuh kembali seperti sedia kala. Nah, semoga ulasan tentang manfaat daun sambiloto ini bermanfaat bagi Anda.