Manfaat Jahe untuk Diet Sehat dan Cara Menggunakannya

By:
Tag: Manfaat Tanaman
Khasiat jahe untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, karena sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Ternyata, rempah ini juga bisa membantu program diet anda. Manfaat jahe untuk diet berasal dari kandungan leptin yang menghasilkan rasa kenyang lebih lama. Sejumlah penelitian menemukan bahwa jahe dapat membantu mengendalikan obesitas akibat makanan kaya lemak. Bahkan, jahe saat ini sedang diuji sebagai salah satu terapi tambahan untuk pengobatan obesitas dan komplikasi.

Manfaat Jahe untuk Diet Alami dan Sehat

Manfaat Jahe untuk Diet dan Cara Kerjanya

Jahe tidak hanya membantu mengendalikan berat badan secara umum, namun juga membantu mengurangi timbunan lemak perut. Target kerja jahe adalah timbunan lemak pada perut akibat makan berlebihan, perubahan hormon, atau kurang olah raga. Khasiat jahe untuk diet sehat diperoleh melalui beberapa mekanisme, seperti menekan nafsu makan.
Baca: Manfaat Buah Nanas untuk Diet Sehat
Perubahan hormon dan stress berkepanjangan juga dapat memicu kenaikan kadar kortisol dalam darah, sehingga sistem imun dan metabolisme menjadi tidak seimbang. Kadar kortisol yang tinggi dapat memicu kenaikan berat badan, sehingga program diet anda akan semakin berat. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menekan produksi kortisol.

Jahe juga memiliki khasiat sebagai pembakar lemak. Jahe dapat memacu metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak berlangsung lebih cepat. Khasiat ini dilengkapi dengan sifatnya sebagai anti-inflamasi, yakni membantu mengatasi pembengkakan akibat peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa jahe membantu meningkatkan kadar pH pada lambung. Akibatnya, enzim pencernaan akan keluar, dan makanan yang anda konsumsi akan dipecah lebih cepat. Seperti halnya manfaat sayur okra yang kaya serat, jahe juga kaya serat. Jadi, kinerja sistem gastrointestinalis menjadi lancar, sehingga zat gizi pada makanan diserap lebih cepat sedangkan zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui feses atau urin. Dengan demikian, tidak terjadi penumpukan kotoran di dalam usus.

Cara Memperoleh Manfaat Jahe untuk Diet Alami

Jika anda ingin menggunakan jahe untuk mengendalikan berat badan, ada beberapa pilihan yang bisa anda coba. Cara paling mudah adalah mengkonsumsinya sebelum makan. Tidak perlu membatasi konsumsi jahe sebelum makan. Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu pada masakan sebanyak yang bisa anda konsumsi. Berikut adalah pilihan lainnya:
  1. Sebelum makan, kunyah irisan jahe untuk membantu mengatur metabolisme, merangsang sistem pencernaan, serta meningkatkan energi.
  2. Parut sepotong jahe berukuran kecil dan campurkan dengan air perasan jeruk lemon dan sedikit garam. Konsumsi campuran ini sebelum makan untuk mengendalikan nafsu makan dan memperlancar pencernaan.
  3. Mengolahnya menjadi teh jahe yang nikmat dan harum. Caranya: parut jahe berukuran kecil dan masukkan ke dalam gelas ukuran 2 mangkok. Rebus air hingga mendidih, dan biarkan selama 10 menit. Saring dan tambahkan 2 sendok makan madu dan air perasan jeruk lemon (jika suka). Minum 3 kali sehari. Paduan madu dan lemon pada teh alami ini akan memperkuat khasiat teh jahe.
  4. Taburkan bubuk jahe pada salad sayuran kesukaan anda untuk memperkaya rasa dan aromanya. Campurkan jahe parut atau bubuk jahe dengan kecap manis, minyak zaitun, dan bawang putih, dan siramkan pada salad kesukaan anda.
  5. Tambahkan jahe yang sudah dimemarkan pada tumis sayuran sehat.
  6. Jadikan infused water bersama bahan lainnya. Misalnya, anda bisa mencampurkan 1 potong jahe bersama air infus buah jenis berry. Selain menambah aroma dan rasanya, jahe juga menambah manfaat pada air infus, yakni mempercepat kinerja efek pembakar lemak.
Itulah beberapa manfaat jahe untuk diet alami dan sehat. Meski demikian, konsumsi jahe juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Jika anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, ibu hamil dan menyusui juga harus membatasi konsumsi jahe.