Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan dan Kandungan Alaminya

By:
Tag: Manfaat Tanaman
Anda mungkin cukup akrab dengan nama kayu secang, bukan? Kayu jenis rempah ini cukup banyak tersedia dalam bentuk minuman siap seduh. Tahukah anda, ternyata manfaat kayu secang cukup banyak bagi kesehatan? Pasalnya, kayu bernama latin Caesalpina Sappan L ini mengandung sejumlah zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ya... kulit kayu secang sendiri lebih populer dibanding buahnya yang merupakan jenis polong-polongan.

Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan
Kayu Secang yang banyak Manfaatnya

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat kayu secang bagi kesehatan, anda bisa mengkonsumsinya sebagai minuman maupun sebagai obat.

Khasiat kayu secang sebagai minuman

Jika anda pernah ke Yogyakarta, wedang secang yang cukup mudah didapatkan. Wedang secang di Yogyakarta merupakan campuran kulit kayu secang yang sudah dikeringkan, gula merah, jahe, dan bahan herbal lainnya. Namun sebenarnya, minuman ini tersedia secara luas di tanah air dalam bentuk kemasan kayu secang kering, gula batu, dan biji selasih.
Baca juga: Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
Kayu secang juga bisa dipadukan dengan bahan herbal lain seperti cengkeh atau adas manis untuk mendapatkan rasa hangat dengan aroma dan rasa yang khas. Secara umum, wedang secang memiliki sejumlah khasiat,  antara lain:
  • Menghangatkan tubuh
  • Menyegarkan tubuh
  • Meningkatkan stamina
  • Menghilangkan kantuk

Khasiat kayu secang sebagai obat

Selain menjadi minuman, kayu secang juga biasa diolah sebagai bahan obat herbal dan bermanfaat untuk mengatasi sejumlah penyakit. Meski bukan untuk mengobati penyakit parah, kayu secang cukup membantu memelihara kesehatan anda. Berikut adalah beberapa khasiat kayu secang bagi kesehatan:
  • Mengobati batuk
  • Mengatasi mencret
  • Mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah pendarahan. Caranya, siramkan air rendaman kayu secang ke bagian luka yang berdarah. Atau, oleskan minyak atsiri kayu secang ke permukaan luka.
  • Mencegah dan mengatasi muntah darah
  • Membersihkan darah dan memperlancar sirkulasi darah
  • Sebagai penawar racun
  • Mengatasi batuk berdarah pada penderita TBC
Penyakit terparah yang dapat diatasi dengan kayu secang antara lain malaria, sifilis, pembengkakan atau tumor, atau tetanus. Selain itu, meski data dukungnya masih terbatas, kayu secang juga dikaitkan dengan penurunan resiko darah tinggi, obesitas, maag kronis, kanker kolon, dan beberapa penyakit lainnya. Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup potong kayu secang yang sudah dikeringkan, dan rebus selama 15 hingga 20 menit. Saring air rebusan dan minum.
Baca juga: Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan

Sumber Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Ternyata, khasiat kayu secang berasal dari sejumlah zat aktif, mineral, dan zat kimia alami yang terkandung di dalamnya. Di antaranya adalah:
  1. Polifenol; zat aktif ini berkhasiat sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. 
  2. Brazilin; berfungsi sebagai zat warna alami, yakni warna merah alami.
  3. Flavonoid; berfungsi sebagai pigment pada tumbuhan. Senyawa ini memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, antara lain sebagai antibiotik alami, penangkal radikal bebas, sebagai antioksidan, dan mengoptimalkan penyerapan vitamin C
  4. Tannin; merupakan senyawa alami yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Manfaatnya antara lain mencegah dan menghentikan pendarahan serta menjaga kesehatan usus dari serangan vius dan bakteri
  5. Minyak atsiri alami; bermanfaat sebagai bahan antiseptik dan analgesik untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka, serta membantu mengatasi sakit perut.
  6. Brazilein; merupakan suatu komponen imunosupresif yang dapat mencegah perkembangbiakan sel T dan berfungsi membantu menjaga kesehatan jantung. Khasiat ini diperoleh dari kombinasi manfaat brazilein dan flavonoid yang mencegah penebalan dinding arteri dan mencegah koagulasi darah.
Nah, itulah beberapa manfaat kayu secang untuk menjaga kesehatan anda. Tidak ada salahnya menjadikan wedang secang sebagai minuman kesehatan keluarga, karena selain harganya murah, minuman ini juga mudah diperoleh.