Beragam Khasiat Sayur Okra untuk Kesehatan Penderita Diabetes

By:
Tag: Manfaat Makanan
Di tanah air, nama sayur okra mungkin belum begitu populer, namun karena manfaat sayur okra yang sangat banyak untuk kesehatan maupun kecantikan membuat namanya cepat melejit. Di Indonesia, tanaman ini dibudidayakan secara hidroponik, dan sebagian besar masih untuk konsumsi sendiri. Sayuran yang dikenal dengan berbagai nama, seperti lady’s finger atau gumbo ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat untuk mendapatkan khasiatnya.

Khasiat dan Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan Khususnya Penyakit Diabetes
Buah Okra dengan berbagai Manfaat

Manfaat Sayur Okra bagi Penderita Diabetes

Sayur okra ternyata bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes dan obesitas. Sama halnya dengan manfaat kayu secang, okra juga kaya pangan, baik serat larut dan serat tidak larut. Setiap 100 gram buah okra mengandung 3,9% protein, dan hanya 40kkal kalori. Jadi, konsumsi sayuran ini sangat baik bagi penderita diabetes maupun anda yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan.

Manfaat sayur okra untuk kesehatan penderita diabetes juga berasal dari kandungan glutation yang sangat bagik untuk mengatasi dan mencegah konstipasi (sembelit), menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, serta membantu mempercepat penurunan berat badan pada penderita obesitas.  Nah, selain kandungan zat gizinya yang tinggi, sayur okra bermanfaat bagi penderita diabetes mellitus melalui
  • Okra membantu menghambat penyerapan glukosa, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena kandungan seratnya yang kaya.
  • Okra memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni hanya sekitar 20. Jadi, sangat baik untuk penderita diabetes.
  • Serat larut dalam sayur okra bersifat hipokolesterolemik, atau bersifat menurunkan kolesterol darah, dengan menghambat penyerapan garam empedu dari usus ke dalam darah. Akibatnya, empedu lebih banyak diekskresi melalui urin, sehingga kolesterol darah juga berkurang.

Cara Mendapatkan Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan

Untuk memperoleh manfaat sayur okra untuk diabetes, ada beberapa pilihan bagi anda untuk mengolahnya, antara lain:
  1. Ambil 3 atau 4 buah okra, rajang tipis, dan kemudian rendam dalam 2 gelas air.
  2. Masukkan rendaman okra ke dalam kulkas, dan biarkan selama 3 (tiga) jam, atau hingga airnya berlendir.
  3. Setelah dikeluarkan dari kulas, saring dan minum airnya. Sebaiknya minum setelah makan.
  4. Rendam kembali buah okra tadi dengan 2 gelas air lagi. Hasilnya akan lebih kental. Anda bisa merendamnya hingga 3 kali.
Baca: Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
Minum air rendaman okra 3x sehari secara rutin selama 1 bulan, dan anda akan melihat perubahan pada kadar glukosa darah. Cara lainnya adalah:
  • Direbus atau digoreng, dan dikombinasikan dengan sayuran lain
  • Diolah menjadi sup sayuran atau diolah bersama sup ikan
  • Dimakan mentah sebagai lalapan.

Hal yang mesti diperhatikan

Secara keseluruhan, sayuran okra baik bagi penderita diabetes. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum atau saat menggunakan sayuran ini untuk tujuan pengobatan. Pertama, pastikan okra dicuci bersih atau direndam dalam air dingin sebelum digunakan, karena bisa jadi sayuran ini telah disemprot insektisida.
Baca juga: Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan
Kedua, penderita diabetes yang sedang mengkonsumsi metforin sebaiknya tidak mengkonsumsi okra, karena obat ini akan berinteraksi dengan zat dalam okra. Akibatnya, khasiat metformin akan terganggu. Bukannya turun, gula darah anda justru bisa naik karenanya. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anda sebelum menggunakan okra untuk menurunkan gula darah.

Selain itu, karena manfaat sayur okra untuk menurunkan gula darah, bukan berarti anda bebas mengkonsumsi makanan kaya gula dan tinggi karbohidrat setelahnya. Gaya hidup sehat dan pola makan seimbang harus tetap menjadi bagian dari upaya untuk hidup sehat dengan gula darah yang terkendali. Selamat mencoba!