4 Manfaat Rumput Fatimah untuk Wanita dan Cara Penggunaannya

By:
Tag: Manfaat Tanaman
Nama rumput fatimah memang mulai populer dalam beberapa tahun terakhir. Apa sebenarnya manfaat rumput fatimah? Sebelum membahas khasiatnya, ada baiknya diulas sedikit tentang nama tanaman yang mengingatkan kita pada nama salah satu putri Rasulullah. Memang, rumput ini merupakan salah satu oleh-oleh yang cukup populer di kalangan jemaah Haji Indonesia.

Di Timur Tengah, rumput fatimah dikenal dengan nama Kaf Maryam yang artinya telapak tangan maryam, sedangkan di Barat, rumput ini dikenal dengan Mawar Jericho. Sementara itu, nama Latinnya adalah Labisa Pumila. Di negara asalnya sendiri, rumput Fatimah digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan herbal. Lalu, apa saja manfaatnya?

4 Manfaat Rumput Fatimah untuk Wanita

4 Manfaat Rumput Fatimah untuk Wanita

Rumput Fatimah mengandung oksigen, karbon, mineral, dan kalsium yang baik untuk tubuh. Kandungan ini diperoleh dari hampir semua bagiannya, mulai dari akar, batang, dan daun. Kabarnya, setiap bagian tanaman ini mengandung unsur mineral yang berbeda. Jadi, penggunaannya juga berbeda.  Nah, berikut adalah beberapa manfaat rumput Fatimah untuk wanita:

#1 Mengatasi Gangguan Siklus Menstruasi

Rumput ini diyakini dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, yang berfungsi mengatur siklus menstruasi pada wanita. Siklus menstruasi yang tidak normal akan memicu berbagai keluhan, seperti perut kram, rasa nyeri pada pinggang dan kaki, serta rasa lelah yang berlebihan. Masalah ini dapat diatasi dengan minum air rendaman rumput Fatimah. Hasilnya adalah siklus menstruasi yang lebih teratur dan mengurangi keluhan.

Bahkan, sebelum siklus menstruasi dimulai, sebagian wanita sudah mengalami gejala yang mengganggu, seperti pusing, mudah emosi, demam, sakit pada semua sendi, dan bahkan pingsan. Jadi, jika anda kerap mengalami Pre-Menstrual Syndrome (PMS), disarankan minum air rendalam rumput Fatimah beberapa hari sebelum menstruasi.

#2 Memperlancar Proses Persalinan

Pada wanita hamil, mineral dalam rumput herbal ini berperan menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Jika anda sedang mempersiapkan persalinan normal, maka ramuan rumput Fatimah dapat membantu. Air rendaman rumput ini dapat mempercepat proses kontraksi, jika kontraksi secara normal sudah terjadi.
Baca: Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil
Meski demikian, konsumsi air rendaman rumput Fatimah hanya dianjurkan jika kontraksi sudah terjadi secara normal. Jika kontraksi belum terjadi, dikhawatirkan kalau senyawa pada rumput ini dapat memicu kontraksi paksa yang justru dapat membahayakan ibu dan janin. Biasanya, air rendaman rumput ini diminum setelah mencapai bukaan 7.

#3 Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan wanita berikutnya adalah membersihkan organ kewanitaan. Senyawa alami yang terdapat di dalamnya membantu mengatur keseimbangan pH di area organ intim wanita. senyawa alami tersebut juga membantu membasmi bakteri penyebab infeksi dan keputihan di area sensitif wanita.

#4 Mempercepat Pemulihan Pasca Persalinan

Rumput Fatimah mengandung senyawa alami bernama oksitoksin yang berperan penting setelah ibu menjalani proses persalinan normal. Minum air rendaman rumput Fatimah diyakini membantu mempercepat proses pemulihan dan pengurangan rasa sakit pasca persalinan.
Baca juga: Manfaat nasi merah untuk tubuh sehat

Cara Menggunakan Rumput Fatimah

Meski merupakan tanaman herbal, konsumsi rumput Fatimah harus dilakukan secara hati-hati, khususnya pada proses persalinan. Metode yang salah bisa memicu kenaikan senyawa secara drastis dan justru dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayinya. Berikut adalah cara menggunakan rumput ini:
  1. Cuci rumput fatimah hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam cangkir
  2. Tuang air hangat atau dingin. Biarkan rumput Fatimah terendam sebentar saja.
  3. Minum segera, karena jika dibiarkan, kadar oksitoksin di dalamnya dapat meningkat secara drastis
Meski manfaat Rumput Fatimah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya. Pasalnya, pada persalinan resiko tinggi, konsumsi air rendaman rumput Fatimah bisa saja semakin meningkatkan resiko dan membahayakan jiwa ibu dan janinnya.