Inilah Manfaat Biji Rambutan bagi Penderita Diabetes Mellitus

By:
Tag: Manfaat Buah, Manfaat Lainnya
Buah rambutan tentunya sangat akrab bagi anda, bukan? Buah lokal ini ditandai dengan kulit buah yang merah dan berambut, serta rasanya yang manis dan segar. Namun, ternyata bukan hanya buahnya yang bermanfaat karena kaya vitamin A dan C. Manfaat biji rambutan juga tidak kalah pentingnya, khsusnya bagi penderita diabetes mellitus. Jadi, jangan buang dulu biji rambutan sebelum anda mengetahui khasiat di dalam biji yang terbungkus daging buah yang kaya vitamin, potassium, kalsium, fosfor, zinc, dan magnesium.

Manfaat Biji Rambutan bagi Penderita Diabetes Mellitus
Buah dan Biji Rambutan untuk Diabetes


Manfaat Biji Rambutan: Kandungan Gizi

Biji rambutan biasanya langsung dibuang, karena memang tidak dikonsumsi dan rasanya juga cenderung pahit. Namun ternyata, biji rambutan tidak mengandung racun, jadi tetap aman dikonsumsi. Kandungan gizi di dalamnya juga sangat bermanfaat, terutama bagi penderita kencing manis alias dibetes mellitus. Komposisi kimia di dalamnya antara lain karbohidrat, lemak, protein, serat pangan, dan stearic acid, yang diyakini membantu mengontrol dan mengurangi kadar gula darah.
Baca: Khasiat daun Afrika untuk Kesehatan
Sebenarnya, seperti halnya manfaat sayur okra, biji rambutan telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi kencing manis di beberapa daerah di Indonesia, seperti Aceh. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Biji rambutan ternyata ditemukan mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang bersifat hipoglikemik. Artinya, senyawa di dalamnya berpotensi membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, manfaat biji rambutan untuk kesehatan adalah mengatasi sakit pinggang, dan mengobati sariawan.

Manfaat Biji Rambutan: Ramuan untuk Penderita Diabetes

Ada beberapa cara mengolah biji rambutan sebagai salah satu pengobatan alternatif bagi penderita diabetes. Cara paling mudah adalah dikonsumsi secara langsung. Selain baik untuk mengendalikan gula darah, biji rambutan mentah juga baik untuk kesehatan kulit anda. Namun, jika rasanya terlalu pahit, anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

#1 Biji Rambutan Sangrai

  • Siapkan beberapa biji rambutan dan buang kulitnya yang keras
  • Iris tipis-tipis dan sangrai tanpa minyak. Gunakan api sedang.
  • Setelah kering atau kecoklatan, tumbuk biji rambutan hingga berbentuk bubuk halus
  • Untuk mengkonsumsinya: seduh serbuk biji rambutan dengan air panas
  • Minum 2 kali sehari secara rutin
  • Anda juga bisa menambahkan gula jawa, madu, bula batu, atau daun sereh untuk membuat rasa dan aromanya lebih enak

#2 Biji Rambutan Kering

  • Siapkan 5 biji rambutan, dan bersihkan kulitnya
  • Potong kecil-kecil, dan kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Proses penjemuran bisa mencapai 2-3 hari, hingga biji rambutan berwarna kecoklatan.
  • Tumbuk atau giling biji rambutan kering hingga menjadi bubuk
  • Seduh dengan 200 ml air mendidih hingga tercampur rata. Dinginkan sejenak
  • Minum air seduhan suam kuku 2-3 kali sehari
  • Sebaiknya minum ramuan ini 30 menit sebelum makan
Konsumsi ramuan bubuk biji rambutan bisa dilakukan setiap hari, khususnya pada kasus diabetes mellitus yang sudah parah. Karena banyaknya manfaat biji rambutan untuk diabetes, produk olahan biji rambutan kini sudah mulai diproduksi secara komersil di luar negeri, baik dalam bentuk bubuk siap pakai maupun minyak atsiri, yang dipakai dalam industri kesehatan dan kecantikan.
Baca juga: Manfaat sayur okra untuk penderita diabetes
Meski khasiat biji rambutan sangat banyak, sebagian besar penelitian yang ada masih dalam tahap eksperimen pada hewan atau studi skala kecil pada manusia. Jadi, masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam dan melibatkan metode yang lebih kuat serta objek yang lebih banyak untuk membuktikan berbagai manfaat biji rambutan untuk kesehatan manusia. Jadi, konsumsi maupun penggunaannya mesti di bawah pengawasan dokter, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.