Manfaat Nasi Merah untuk Tubuh Lebih Sehat dan Ramping

By:
Tag: Manfaat Makanan
Beras merah tentunya sangat akrab di kalangan orang-orang yang sedang menjalani diet maupun para penderita diabetes mellitus. Sama halnya dengan nasi putih, nasi merah merupakan sumber karbohidrat, namun kandungan gizi yang terdapat di dalamnya berbeda dengan nasi putih. Manfaat nasi merah baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, mencegah atau mengatasi diabetes, mencegah atau mengatasi penyakit jantung, serta menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Manfaat Nasi Merah untuk Tubuh Lebih Sehat
Nasi Merah untuk Diet

Manfaat Nasi Merah untuk Tubuh Lebih Sehat

Banyak yang beranggapan bahwa nasi merah adalah obat. Bukan. Nasi merah memang umumnya dikonsumsi penderita diabetes, penyakit jantung, maupun obesitas. Nasi merah bukanlah obat, namun kandungan gizi di dalamnya baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus meminimalisir komplikasi akibat penyakit yang ada.

Kandungan kalori nasi merah hampir sama dengan nasi putih, namun kandungan zat gizi di dalamnya jauh lebih baik. Sebagai contoh, 1 porsi (sekitar 1.5 cangkir) nasi merah masak mengandung 110 kalori dan memenuhi 85% karbohidrat dan % serat pangan untuk kebutuhan 2.000 kalori per hari. Nasi merah juga mengandung vitamin B, seperti thiamin, niacin, folat, riboflavin, dan vitamin B6, magnesium, kalsium, dan fosfor untuk kesehatan tulang, serta kalium untuk mendukung fungsi jantung.
Baca juga: Manfaat daun suji di balik warna hijaunya
Dengan kandungan nutrisi di atas, tidak heran jika manfaat nasi merah untuk kesehatan sangatlah banyak, antara lain:
  1. Mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga nasi merah baik bagi penderita diabetes mellitus.
  2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL) sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).
  3. Mencegah batu empedu, karena serat pangan di dalamnya mudah dicerna sekaligus membantu melarutkan sisa makanan lainnya.
  4. Sebagai sumber antioksidan untuk menghilangkan efek radikal bebas dari dalam tubuh.
  5. Menjaga kesehatan tulang, berkat kandungan vitamin D, magnesium, dan kalsium yang penting untuk menjaga integritas dan kekuatan tulang dan gigi.
Bahkan, akhir-akhir ini sejumlah penelitian juga sedang dilakukan untuk membuktikan manfaat beras merah dalam mencegah kanker. Pasalnya, nasi merah diyakini mengandung selenium maupun polifenol, serta, dan antioksidan yang membantu menghindari berbagai jenis penyakit kanker.

Manfaat Nasi Merah untuk Tubuh Langsing

Nasi merah memang paling umum dikaitkan dengan program diet. Lalu, apa sebenarnya manfaat nasi merah untuk diet? Jawabannya terletak pada kulitnya yang tidak menjalani proses penggilingan, sehingga tidak terkelupas. Kulit nasi merah adalah sumber serat yang sangat baik untuk anda yang sedang diet. Sama halnya dengan manfaat sayur okra yang kaya serat pangan larut, nasi merah juga kaya serat pangan untuk menjaga sistem pencernaan. Hasilnya, anda tidak cepat merasa lapar.

Nasi merah juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang tidak ditemui pada nasi putih. Karbohidrat kompleks bekerja memasok energi secara berkala, sehingga perut mendapatkan asupan yang diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh, dan anda tidak cepat merasa lapar. Hal ini terjadi karena nasi merah merupakan jenis biji-bijian dengan kepadatan energi lebih rendah dan indeks glikemik lebih rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah mencegah penyerapan kalori secara berlebihan.

Selain itu, nasi merah mengandung lebih banyak air, sehingga energinya lebih rendah, namun anda tetap merasa kenyang. Dengan asupan kalori yang lebih rendah, menurunkan berat badan akan lebih mudah dengan menjadikan nasi merah sebagai makanan pokok anda. Namun tentunya, anda tidak bisa mengandalkan diet anda hanya pada manfaat nasi merah saja. Diet anda akan berhasil jika dipadukan dengan perubahan gaya hidup dan olah raga secara teratur.