Berbagai Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan dan Kecantikan

By:
Tag: Manfaat Daun
Anda mungkin sering mendengar nama daun kelor pada pepatah “dunia tak selebar daun kelor.” Di beberapa daerah, daun kelor hanya dimanfaatkan sebagai pengobatan, namun di beberapa daerah lain, daun berwarna hijau ini dimanfaatkan sebagai sayuran. Ternyata, ada begitu banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan. Daun yang dikenal dengan moringa atau moringa oleifera ini merupakan salah satu makanan paling kaya nutrisi di dunia.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan dan Kecantikan

Di negara-negara Barat, daun kelor telah diolah secara modern menjadi bubuk siap pakai yang dibuat dari daun kelor kering. Di balik warnanya yang hijau, terdapat rasa yang nikmat. Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor merupakan sumber alami berbagai zat gizi, seperti:
  • 25% protein
  • Sumber zat besi, vitamin A dan K
  • 31% serat
  • Sumber Vitamin E, magnesium, dan kalsium
  • Kaya antioksidan

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Dengan berbagai kandungan di atas, maka berikut adalah manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh anda:
  1. Mengurangi rasa letih dan lelah
    Menurut penelitian, satu porsi bubuk daun kelor (2-3 sendok teh) dapat memenuhi 46.8% zat besi, 19.1% magnesium, dan 32.5% vitamin A dari kebutuhan kalori harian. Kandungan zat besi dan magnesium membantu mengurangi rasa letih dan lelah pada tubuh. Sementara itu, vitamin A mendorong metabolisme zat besi. Jadi, seduhan teh daun kelor dapat mengatasi rasa letih, sekaligus baik bagi penderita anemia.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Salah satu manfaat utama dari daun kelor adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun yang kuat sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Fungsi ini berasal dari kandungan zat besi serta vitamin A. Keduanya sangat penting untuk menjaga fungsi sistem imun agar tetap normal dan stabil.
  3. Mendorong pertumbuhan tulang, otot, dan gigi
    Hampir 25% dari kandungan daun kelor adalah protein. Sementara itu, bubuk daun kelor mengandung 9 jenis asam amino esensial untuk pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot. Di dalamnya juga terdapat kandungan magnesium untuk kesehatan dan kekuatan gigi. Kandungan protein yang ada di dalamnya juga membuat daun kelor cocok bagi vegetarian yang sedang berusaha mendapatkan asupan protein yang mencukupi.
  4. Anti-stress
    Salah satu manfaat utama dari daun kelor adalah kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium penting untuk menjaga fungsi psikologi dan sistem saraf. Super mineral inilah yang membuat daun kelor dianjurkan untuk mengatasi kelelahan, depresi, sakit kepala, gelisah, dan berbagai masalah psikologis lainnya.

Manfaat Daun Kelor bagi Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, daun kelor juga kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit anda. Manfaat daun kelor bagi kecantikan berasal dari kandungan vitaminnya. Daun kelor mengandung vitamin yang disukai kulit, yakni memenuhi 32.5% kebutuhan vitamin A harian serta 16.9% kebutuhan vitamin E harian. Sama seperti manfaat temulawak untuk wajah yang berasal dari curcumin, Vitamin E pada daun kelor sangat penting untuk menjaga kulit tentang sehat dan bersinar, sedangkan vitamin E penting untuk melindungi kulit dari tekanan oksidatif dan membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.
Baca juga: Khasiat daun Afrika untuk Kesehatan
Selain itu, antioksidan yang terdapat pada daun kelor sangat penting untuk melindungi, memperbaiki, serta mencegah kerusakan sel, sehingga proses penuaan kulit menjadi lebih lambat. Selain berbagai kegunaan di atas, manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan lainnya adalah menjaga sistem pencernaan, berkat kandungan seratnya yang tinggi, serta menjaga kesehatan penglihatan, berkat kandungan vitamin A yang tinggi.