5 Manfaat Kentang Rebus Bersama Kulitnya untuk Kesehatan Tubuh

By:
Tag: Manfaat Makanan, Manfaat Tanaman
Kentang goreng adalah salah satu ‘pantangan’ bagi orang yang sedang menjalani diet. Namun, lain halnya dengan kentang rebus. Ada begitu banyak manfaat kentang rebus untuk tubuh kita, karena di dalamnya terdapat vitamin dan mineral, terutama potassium, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Selain itu, kentang rebus rendah kalori dan rendah lemak, sekaligus kaya serat yang akan membuat anda merasa kenyang.

Selama ini, diyakini bahwa kentang membuat anda gemuk. Memang, jika anda menambahkan saus, mentega, gula, dan sebagainya, berarti kalori dan lemaknya juga bertambah. Inilah yang membuat anda menjadi gemuk. Namun, jika disajikan dengan cara yang tepat, kentang justru dapat membantu program diet anda.

Manfaat Kentang Rebus Bersama Kulitnya

Fakta tentang Manfaat Kentang Rebus bersama kulitnya

Seperti dibahas di atas, kentang rebus rendah kalori. Namun, cara terbaik merebus kentang adalah bersama kulitnya. Mengapa? Berikut adalah beberapa fakta tentang manfaat kentang rebus untuk kesehatan jika direbus bersama kulitnya:
  • Dalam 300 gram kentang terdapat hanya sekitar 261 kalori, 5,6 gram protein, dan sedikit lemak. Namun, jika direbus dengan kulit yang sudah dikelupas, maka proteinnya berkurang separuh, sedangkan lemak, serat, dan karbohidratnya tetap sama.
  • Kentang rebus menyediakan lebih dari 50% kebutuhan harian vitamin B-6 dan sekitar 30% dari kebutuhan harian thiamin dan niacin
  • Kentang rebus bersama kulitnya menyediakan lebih dari 50% kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh. Namun, jika direbus setelah dikupas, maka vitamin C di dalamnya berkurang separuh.
  • Kentang rebus menyediakan sekitar 25% dari kebutuhan potassium harian, 20% kebutuhan magnesium dan fosfor harian. Namun, jika direbus setelah dikupas, maka kandungan potassium, fosfor dan magnesium berkurang separuhnya.
Kentang merupakan makanan keempat paling banyak dikonsumsi di dunia setelah beras, gandum, dan jagung. Lalu, apa saja manfaatnya untuk kesehatan?


Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Kentang kaya akan phytonutrient yang merupakan komponen organik tanaman yang diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan. Phytonutrient dalam kentang antara lain carotenoid dan flavonoid. Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang berfungsi memperlambat proses kerusakan sel, membantu sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, mengendalikan tekanan darah, serta mencegah kanker. Berikut adalah beberapa khasiat kentang rebus untuk kesehatan:
  1. Menurunkan tekanan darah: kulit kentang kaya potassium serta serat pangan. Potassium membantu menurunkan tekanan darah melalui perannya sebagai vasodilator (memperlebar pembuluh darah). Fungsi ini juga dikaitkan dengan zat kimia bernama kukoamine.
  2. Meningkatkan fungsi otak dan kesehatan sistem saraf: vitamin B6 dalam kentang rebus berperan untuk menjaga kesehatan saraf. Sama dengan manfaat ketela pohon, Vitamin B6 dalam kentang membantu menciptakan zat-zat kimia yang baik untuk otak, seperti serotonin, norepinephrine, dan dopamine. Artinya, kentang rebus membantu menurunkan depresi, stress, dan bahkan gangguan hipersensitivitas (ADHD).
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh: vitamin C membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan, seperti flu biasa.
  4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini adalah manfaat utama dari kentang rebus untuk kesehatan. Pasalnya, makanan jenis umbi ini kaya akan kandungan serat yang mudah dicerna, sehingga BAB menjadi lancar.
  5. Menjaga kesehatan jantung. Serat pangan di dalam kentang membantu membersihkan kolesterol dari dalam pembuluh darah; sementara itu, vitamin C dan B6 membantu mengurangi radikal bebas, dan carotenoid menjaga fungsi jantung tetap optimal.
Baca juga: Manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh
Jadi, tidak perlu ragu menjadikan kentang rebus sebagai bagian dari menu sehat anda. bahkan, penelitian menemukan bahwa manfaat kentang rebus juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan sodium dan potassium di dalamnya.