Aneka Manfaat Ketela Pohon untuk Kesehatan dan Kecantikan

By:
Tag: Manfaat Tanaman
Ketela pohon merupakan salah satu tanaman paling mudah ditemukan di tanah air. Pasalnya, tanaman ini mudah tumbuh di mana saja, termasuk di lahan yang tidak begitu subur. Nah, lalu, apa saja manfaat ketela pohon untuk tubuh kita? Meski dianggap sebagai salah satu makanan tradisional dan harganya murah, tanaman lokal ini memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh, karena kandungan mineral, antioksidan, serat, dan vitamin yang sangat tinggi di dalamnya.

Manfaat Ketela Pohon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beberapa Manfaat Ketela Pohon untuk Anda

Ketelan pohon merupakan salah satu sumber karbohidrat terbaik, bahkan kalorinya lebih tinggi dibanding kentang. Namun, ketelan pohon justru baik untuk penderita diabetes. Mengapa? Berikut adalah beberapa fakta tentang manfaat ketela pohon untuk kesehatan:
Baca: Sayur okra untuk penderita diabetes

#1 Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah membantu mengendalikan pelepasan glukosa dalam makanan ke dalam aliran darah. Karena kecepatannya terkontrol, maka proses metabolisme tubuh dan tingkat energi juga lebih seimbang. Orang yang menjalani diet glikemik rendah memiliki resiko yang lebih rendah mendapatkan beberapa manfaat antara lain:
  • Menurunkan resiko menderita diabetes tipe 2 maupun penyakit jantung koroner.
  • Baik bagi orang yang sudah menderita diabetes, karena makanan ini akan membantu dalam mengendalikan gula darah.
  • Membantu meningkatkan daya tahan fisik, karena kadar gula dalam darah terkendali
  • Membantu mengendalikan trigliserida serta kadar lipid lainnya dalam darah
  • Membantu mengurangi nafsu makan dan menurunkan timbunan lemak dalam sel-sel lemak

#2 Kaya Vitamin dan Mineral

Sama halnya dengan manfaat jahe untuk diet, ketela pohon juga membantu program diet karena selain rendah IG, makanan ini jga kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
  • Vitamin B complex di dalamnya antara lain: folate, pyridoxine (vitamin B6), thiamin, riboflavin (vitamin B2), dan pantothenic acid (vitamin B5).
  • Zat besi dalam ketela pohon membantu membentuk dua protein penting untuk mengangkut oksigen dalam jaringan-jaringan tubuh
  • Magnesium mengoptimalkan pengaturan gula darah
  • Zinc membantu fungsi sistem imun untuk memerangi bakteri serta membantu pertumbuhan sel
  • Kalsium membantu keutuhan tulang dan gigi
  • Potassium membantu memecah karbohidrat
  • Mangan penting untuk jaringan ikat dan mengatasi nyeri sendi
  • Saponin membantu mengatasi radang, membuang sampah dalam tubuh, serta membersihkan endapan mineral dari dalam sendi

#3 Baik untuk Perawatan Kecantikan

Ketela pohon juga memiliki khasiat lain, termasuk untuk perawatan kecantikan. Manfaat ketela pohon untuk kecantikan antara lain:
  • Mencerahkan dan melembabkan kulit. Ketela pohon dapat dijadikan sebagai peeling atau scrub dan dicampur dengan air
  • Menutrisi rambut serta mengatasi rambut rontok. Caranya: buat pasta dari umbi dan daun ketela pohon, campurkan dengan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa murni. Oleskan pada rambut. Biarkan selama 1 jam, dan kemudian bilas
  • Sebagai masker wajah. Caranya: bersihkan wajah anda dengan air hangat. Buat pasta halus dengan mencampur ketela pohon bersama air dan madu. Oleskan pada wajah dan bairkan hingga kering. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Hal Lain Seputar Ketela Pohon

Selain beberapa manfaat ketela pohon di atas, tanaman umbi multi-khasiat ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan energi, mendukung fungsi otak, menyembuhkan luka, mengatasi cacingan, meringankan sakit kepala dan demam, menjaga sistem pencernaan, serta meringankan stress.
Baca juga: Manfaat nasi merah untuk tubuh sehat
Meski demikian, konsumsi ketela pohon harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, tanaman umbi ini mengandung senyawa toksin bernama linamarin yang bisa berubah menjadi hydrogen sianida. Jika pengolahannya tidak tepat, maka dapat memicu keracunan yang ditandai dengan gejala seperti pusing, muntah, mual, sakit perut, dan sakit kepala. Jadi, para ahli gizi tidak menganjurkan konsumsi ketela pohon mentah. Namun, zat racun tersebut akan hilang jika dikupas dan dimasak.