8 Manfaat Daun Ciplukan untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

By:
Tag: Manfaat Daun, Manfaat Tanaman
Nama daun ciplukan mungkin cukup populer di tanah air. Tanaman dengan nama Latin Physallis angulata L ini tumbuh liar. Sebenarnya buah ciplukan bisa dimakan, meski rasanya cenderung asam dan kecut. Ternyata, ada begitu banyak manfaat daun ciplukan bagi tubuh manusia, karena di dalamnya terdapat sejumlah zat aktif yang bermanfaat untuk tubuh. Tahukah anda bahwa hampir semua bagian dari tanaman ciplukan, mulai dari daun, batang, buah, hingga akarnya, ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Ciplukan

Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Sama seperti manfaat daun kumis kucing, ciplukan juga bersifat diuretik yang meningkatkan output urine. Daunnya juga bersifat ekspektoran dan dapat membantu menurunkan panas. Berikut Tanaman ini telah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit perut, untuk mempermudah proses melahirkan, mengatasi ketidaksuburan pada wanita, dan bahkan untuk mengobati demam berdarah. Berikut adalah beberapa manfaat daun ciplukan untuk kesehatan:
  1. Selain bersifat diuretik, daun ciplukan juga bersifat menurunkan rasa sakit (analgesik), membasmi parasit (parasitisida), dan menenangkan (relaxant).
  2. Daun ciplukan juga kerap digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan campak, nyeri rematik, serta mengatasi sendi yang kaku.
  3. Di wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, daun ciplukan banyak digunakan sebagai tanaman obat, khususnya untuk mengobati malaria, sakit gigi, penyakit hati seperti hepatitis, dan rematik
  4. Daun ciplukan digunakan sebagai infused water untuk mengatasi gonorrhea, gangguan pencernaan, masalah usus, nefritis, dan demam
  5. Mengatasi gangguan tidur, epilepsi, hipertensi, dan bahkan diabetes mellitus.
  6. Mencerahkan penglihatan. Daun ciplukan mengandung Vitamin A yang baik untuk mengatasi gangguan penglihatan, sekaligus dapat menghindari masalah seperti rabun senja.
  7. Penelitian juga menemukan bahwa ciplukan membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis
  8. Rebusan daun ciplukan juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit. 
Baca: Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Ciplukan

Untuk mendapatkan khasiat daun ciplukan, ada beberapa cara yang bisa anda coba, sesuai dengan masalah kesehatan yang ingin ditangani, antara lain:

Rebusan Tanaman Ciplukan

Air rebusan tanaman ciplukan digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan, seperti hipertensi, asma, mencegah kanker, flu, nyeri tenggorokan, dan diabetes mellitus. Caranya:
  • Ambil satu batang daun ciplukan, termasuk daun, batang, dan buahnya.
  • Buang akarnya, kemudian bersihkan, dan cincang.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga tersisa 1 gelas lagi setelah disaring.
  • Minum 1 gelas air rebusan ciplukan di pagi hari sebelum sarapan. 

Masakan Daun Ciplukan

Selain menggunakan rebusan daun ciplukan, anda juga bisa menjadikannya sebagai bagian dari diet sehat sehari-hari. Misalnya, anda bisa menggunakan daun ciplukan sebagai bahan salad sayuran, dicampur dengan sayuran lain. Cara lainnya adalah mengkonsumsi jus sayuran daun ciplukan; anda bisa menambahkan sedikit madu untuk membuat rasanya lebih nikmati.
Simak juga:
Manfaat Jahe untuk Diet Sehat dan Alami
Manfaat Klorofil K Link untuk Kesehatan

Tapal Daun Ciplukan

Daun ciplukan bisa digunakan untuk mengobati bisul, tukak, memar, maupun luka. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri di dalamnya dapat membantu meredakan nyeri akibat inflamasi dan mencegah terjadinya infeksi dan pembengkakan. Caranya:
  • Ambil beberapa lembar daun ciplukan, cuci bersih
  • Haluskan hingga membentuk pasta lembut
  • Tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Tutup dengan perban. Biarkan beberapa saat hingga tapal mengering
  • Lakukan secara rutin hingga bisul atau luka mengering
Nah, itu hanyalah sebagian dari manfaat daun ciplukan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun tanaman serba-guna ini masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Kandungan antikoksidan yang tinggi di dalamnya membuatnya kaya manfaat untuk kesehatan.