9 Manfaat Daun Kenikir untuk Mengatasi Masalah Peradangan

By:
Tag: Manfaat Daun, Manfaat Tanaman
Di tanah air, kenikir mungkin lebih banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Namun, tahukah anda bahwa sejumlah penelitian sedang dilakukan untuk menemukan manfaat daun kenikir untuk tubuh manusia. Ditemukan bahwa tanaman yang juga dikenal dengan calendula marigolds ini mengandung sejumlah zat aktif, terutama antioksidan dan minyak volatil. Karena zat inilah bunga kenikir berbau taham, sehingga mampu menolak jamur, hama, dan serangga.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir untuk Melawan Inflamasi

Karena kaya antioksidan, manfaat daun kenikir untuk kesehatan dan kecantikan lebih banyak berkaitan dengan khasiat antioksidan tersebut. Manfaat utamanya antara lain memperbaiki sirkulasi darah, mengendalikan inflamasi, dan mengatasi berbagai masalah, seperti:
  • Mengatasi masalah kulit seperti ruam, alergi, eksim, dermatitis
  • Meredakan nyeri, bengkak, maupun kemerahan akibat kram otot atau cedera otot
  • Mengatasi radang mata dan gatal akibat konjungtivitis dan infeksi jamur, serta menurunkan resiko degenrasi molekular dan katarak
  • Mengatasi inflamasi dalam sistem pencernaan, seperti tukak lambung dan kolitis.
  • Mengatasi masalah lainnya, seperti athlete’s foot, candida, infeksi telinga, dan kurap 
Sama halnya dengan manfaat kunir putih, daun kenikir ditemukan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan membantu mengatasi kerusakan akibat radikal bebas, yang disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan seperti polusi, asap roko, dan bahkan fungsi tubuh manusia. Selain itu, kenikir ditemukan mengandung lycopene yang membantu menurunkan resiko penyakit jantung, kanker payudara, melanoma, leukimia, kanker kolor, dan kanker prostat.

Jika digunakan sebagai pengobatan luar, daun kenikir membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel darah merah serta pertumbuhan jaringan kulit baru. Itulah sebabnya tanaman bunga ini kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk luka bakar, kulit tergores, dan iritasi kulit. Untuk pengobatan dalam, daun keinikir ditemukan membantu mengatasi inflamasi dari dalam.

Manfaat daun kenikir untuk perut berasal dari sifatnya untuk menstimulasi sistem limfatik, sehingga resiko pembengkakan berkurang. Pasalnya, toksin yang menjadi penyebab tukak pada lambung dibersihkan dari dalam perut.
Simak juga:
Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan
Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Kenikir

Di negara-negara Barat, daun kenikir telah diolah secara modern menjadi produk siap pakai. Misalnya, sejumlah produk krim anti-ruam pada bayi diformulasikan dengan daun kenikir, karena formulanya aman untuk kulit bayi yang sensitif. Calendula alias kenikir juga telah tersedia dalam bentuk obat oles untuk mengatasi gejala gatal dan bengkak pada orang dewasa. Sebagian krim anti-kanker payudara juga diformulasikan dari tanaman ini.

Namun, daun kenikir juga bisa digunakan sebagai pengobatan herbal dalam bentuk sediaan yang dibuat sendiri. Antara lain:
  1. Krim anti-ruam: Cincang bunga dan daun kenikir segar, atau daun kenikir kering. Haluskan menjadi bubuk dan campurkan dengan minyak kelapa murni. Panaskan sejenak dan kemudian dinginkan hingga suhu ruang. Oleskan pada kulit yang bermasalah.
  2. Teh kenikir: anda bisa menyeduh daun kenikir kering dengan air hangat. Teh daun kenikir berkhasiat untuk mengatasi sariawan dan tukak lambung.
  3. Anda juga bisa mengkonsumsi daun kenikir rebus dan meminum airnya, atau mengkonsumsinya sebagai lalapan.
  4. Mandi herbal untuk ibu pasca-melahirkan. Rebus daun dan bunga kenikir. Campurkan dengan air mandi hangat-hangat kuku. Hal ini dapat membantu mengatasi infeksi pada area kewanitaan pasca-melahirkan 
Baca juga: Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan
Ada begitu banyak manfaat daun kenikir karena kandungan antioksidan yang kaya di dalamnya. Meski demikian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya, terutama jika anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu. Selain itu, jika menggunakan daun kenikir untuk konsumsi, sebaiknya kombinasikan dengan minum air putih yang banyak.