8 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Ginjal

By:
Tag: Manfaat Daun, Manfaat Tanaman
Kumis kucing adalah salah satu obat herbal yang paling populer di Asia Tenggara. Manfaat daun kumis kucing memang sangat banyak untuk kesehatan. Tidak heran jika tanaman ini bahkan kerap diekspor ke negara-negara Eropa, seperti German dan negara lainnya. Penelitian menemukan bahwa tanaman ini mengandung sejumlah senyawa aktif. Daunnya menunjukkan khasiat diuretik yang membuatnya banyak digunakan untuk mengatasi masalah ginjal.

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Ginjal


Khasiat Daun Kumis Kucing sebagai Diuretik

Kumis kucing dikenal dengan berbagai nama, seperti misai kucing di Malaysia, Java tea, atau cat whiskers dalam Bahasa Inggris. Nama latinnya adalah orthosiphon aristatus. Sebenarnya, tanaman ini digunakan untuk pengobatan mulai dari akar hingga batang dan daunnya. Daunnya sendiri banyak dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan ginjal secara herbal.

Daun kumis kucing mengandung flavones, khususnya sinensetin, glycoside (orthosiphonin), dan saponin. Di dalamnya juga terdapat minyak atsiri serta sejumlah potassium yang menjadi sumber efek diuretiknya. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kumis kucing meningkatkan ekskresi citrate dan oxalate. Seperti diketahui, tumpukan citrate dan oxalate di dalam ginjal dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

Dua zat yang dapat membahayakan ginjal ini dapat dikeluarkan melalui urine. Dengan efek diuretik pada daun kumis kucing, maka frekuensi buang air kecil akan meningkat, sehingga citrate dan oxalate dapat dikeluarkan dari ginjal. Selanjutnya, daun kumis kucing diyakini dapat meningkatkan kemampuan ginjal untuk menghilangkan senyawa-senyawa yang mengandung nitrogen. Itulah sebabnya tanaman ini banyak digunakan dalam pengobatan infeksi ginjal, batu ginjal, dan penurunan fungsi ginjal akibat nephritis kronik.
Baca juga:
Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Sayur Okra untuk Penderita Diabetes
Nah, berikut adalah beberapa alasan di balik manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan ginjal:
  • Membantu mengatasi cystitis, encok, urethritis, dan artritis
  • Menghancurkan batu empedu dan mencegah pembentukannya
  • Mengatasi penyakit kuning (jaundice)
  • Mengatasi infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, dan batu ginjal
  • Sebagai detoks, karena tanaman ini juga memiliki sifat membersihkan secara alami, sehingga toksin-toksin dan benda asing dalam tubuh dikeluarkan.
  • Meningkatkan fungsi ginjal
  • Meringankan sakit gigi
  • Meringankan reumatik, arteriosclerosis, dan asam urat
Simak juga: Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan

Cara Memperoleh Khasiat Daun Kumis Kucing

Seperti halnya manfaat daun kenikir, daun kumis kucing juga telah diolah di beberapa negara sebagai sediaan siap pakai, seperti tablet, ekstrak daun kumis kucing, teh celup, maupun kapsul. Daun kumis kucing kering juga tersedia untuk diseduh sebagai teh. Namun, jika anda ingin mendapatkan manfaat daun kumis kucing untuk ginjal secara alami, berikut adalah beberapa caranya:
  1. Untuk reumatik atau nyeri sendi: siapkan 15-20 lembar daun kumis kucing yang sudah dikeringkan. Seduh dengan air panas, dan minuman 1-2 cangkir setiap hari.
  2. Untuk meringankan sakit gigi: kunyah beberapa lembar daun kumis kucing, atau taruh daun kumis kucing yang sudah dihaluskan pada gigi yang berlobang. Hal ini dapat mencegah pembengkakan gusi akibat radang
  3. Air rebusan daun kumis kucing segar juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti radang ginjal, encok, batu ginjal, dan bahkan hipertensi
  4. Digunakan sebagai minuman tonik untuk membersihkan darah dan ginjal, meredakan stress, dan menghilangkan rasa lelah
  5. Digunakan sebagai campuran infused water, untuk meningkatkan ekskresi asam urat. Hal ini sangat baik bagi penderita asam urat, rematik, dan encok. Anda juga bisa menambahkan daun meniran untuk memperkuat fungsinya.
Pada dasarnya, manfaat daun kumis kucing sangat baik untuk semua penyakit yang berkaitan dengan fungsi ginjal. Timbunan zat seperti asam urat, oxalate, atau citrate dapat memperberat fungsi ginjal. Daun kumis kucing dapat membantu mengeluarkan zat-zat ini dengan meningkatkan frekuensi buang air kecil.