Inilah Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat, Encok, dan Rematik

By:
Tag: Manfaat Daun, Manfaat Tanaman
Belakangan ini, daun sirsak dipromosikan secara luas sebagai salah satu obat untuk berbagai penyakit seperti diabetes mellitus dan asam urat. Sebenarnya, hal itu bukan tanpa alasan. Manfaat daun sirsak untuk asam urat berasal dari zat gizi di dalamnya, seperti vitamin B dan C, zat besi, kalsium, serat pangan, karbohidrat, asam amino, dan fosfor. Selain sediaan mengkonsumsi kapsul siap minum, salah satu cara paling populer mengkonsumsi daun sirsak adalah sebagai teh.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat dan Rematik

Pada dasarnya, encok terjadi ketika terdapat kelebihan zat purine di dalam tubuh. Akibatnya, ginjal tidak lagi mampu mengeluarkannya sehingga terjadi penumpukan di sendi. Sama halnya dengan manfaat daun kumis kucing, daun sirsak juga memiliki sifat diuretik untuk meningkatkan frekuensi buang air kecil. Daun kumis kucing membantu meringankan gejala seperti nyeri punggung dan kesulitan buang air kecil.

Dengan efek diuretik, sekresi asam urat bersama urine menjadi lebih lancar untuk mengurangi kadar asam urat di dalam darah. Nah, jika anda kerap mengalami nyeri sendi, rematik, encok, asam urat, atau kondisi sejenisnya, inilah saatnya menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal. Berikut adalah beberapa manfaat teh daun sirsak untuk asam urat maupun rematik:

#1. Membuang Asam Urat Berlebih

Daun sirsak memiliki sifat anti-inflamasi, yang sangat baik untuk mengatasi encok. Kondisi ini pada dasarnya disebabkan oleh inflamasi pada sendi, dan rasanya sangat sakit. Teh daun sirsak membantu meringankan nyeri dengan cara membuang asam urat dari dalam darah. Kelebihan asam urat akan memicu encok. Teh daun sirsak membantu meringankan nyeri pada sendi, karena sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya.

#2. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh adanya bakteri jahat di dalam saluran kemih. Nah, daun sirsak bekerja sebagai anti-bakteri. Teh daun sirsak membantu membuang bakteri jahat dan membersihkan ginjal, kantong empedu, ureter, daan urethra.
Baca:
Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan
Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan

Cara Memperoleh Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

Ada beberapa cara untuk menggunakan daun sirsak dalam mengatasi asam urat dan rematik. Selain dikonsumsi sebagai teh seduh, berikut adalah cara mendapatkan manfaat daun sirsak untuk asam urat dan rematik:
  • Bersihkan sekitar 10 lembar daun sirsak dan cincang. Kemudian, masukkan ke dalam panci dan tambahkan 3 gelas air. Rebus daun sirsak hingga mendidih dan sisakan sepertiganya. Matikan api dan biarkan air rebusan dingin hingga suhu ruang. Minum teh daun sirsak ini di pagi hari sebelum sarapan, dan saat perut masih kosong. Biarkan air rebusan sisanya tetap di dalam panci.
  • Anda juga bisa menggunakannya sebagai tapal untuk meringankan nyeri sendi. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirsak, rebus hingga mendidih, dan haluskan. Taruh di bagian sendi atau otot yang sakit dan biarkan selama beberapa saat. Lakukan dua kali sehari hingga nyeri hilang.
Meski manfaat daun sirsak untuk asam urat cukup baik karena sifatnya sebagai diuretik, bukan berarti anda bebas mengkonsumsi segala jenis makanan. Encok pada dasarnya disebabkan oleh pola gaya hidup, khususnya makanan, dan faktor genetik. Anda beresiko mengalami penyakit ini jika salah satu orang tua anda mengalaminya. Jadi, tidak ada salahnya jika anda rutin memeriksakan kadar asam urat agar bisa melakukan pengobatan secara dini. Selain itu, mulailah mengurangi konsumsi makanan yang kaya zat purine. Pasalnya, zat ini banyak ditemukan pada makanan yang lazim kita konsumsi, seperti kacang - kacangan, makanan laut, dan jeroan.