Manfaat Kulit Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

By:
Tag: Manfaat Buah, Manfaat Tanaman
Buah naga yang memiliki nama latin Hylocereus ini memiliki 4 varian buah yang layak untuk dikonsumsi manusia. Ke-empat varian tersebut yaitu, Hylocereus undatus (putih), Hylocereus megalanthus (Kuning), Hylocereus polyrhizhus (merah), dan Hylocereus costaricensis (hitam). Pohon dengan buah yang memiliki kulit yang tebal ini masih dalam golong pohon kaktus. Sehingga daging buah menjadi empuk dan memiliki kadar air yang tinggi. Hal tersebut karena buah merupakan sebagai tempat mengumpulkan cadangan air pada pohon kaktus. Sejarah buah yang berasal dari benua Amerika cukup panjang. Tahun 1870 tanaman buah naga dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Menurut kepercayaan Vietnam buah naga memiliki energi baik dan membawa berkah. Dari situ banyak yang meletakan buah naga dialtar bersandingan dengan gambar naga. Maka, banyak yang menyebutkan buah tersebut menjadi thang loy atau dragon fruit (bahasa Inggris). Dari sana maka tidak dipungkiri bahwa manfaat buah naga sangat banyak. Tidak hanya untuk hiasan, namun juga untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mampu membantu menyembuhkan kanker.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga memang banyak dibudidayakan oleh banyak negara di Asia. Mulai dari Filipina, Taiwan, Vietnam, Malaysia dan juga Indonesia. Hal ini karena sangat dicari dan dianjurkan untuk menyembuhkan kanker. Selain itu buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan dan dapat mengurangi penuaan serta menghaluskan kulit. Berikut ini akan dijabarkan tentang manfaat dari buah naga.

Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya

Sebelum kita membicarakan manfaat buah naga yang belum secara lebih luas, alangkah baiknya lagi kita memperjelas kandungan dari buah naga. Menurut penelitian kesehatan, dalam setiap 100 gram buah naga, ada beberapa kandungan gizi didalamnya, seperti:
  • Air (87 gram)
  • Asam askorbat / vitamin C (9,4 mili gram)
  • Protein (1,1 gram)
  • Serat (0,71 gram)
  • Thimine / vitamin B1 (0,04 mili gram)
  • Kalsium (134,4 mili gram)
  • Riboflavin / vitamin B12 (0,06 mili gram)
  • Niasin / vitamin B3 (0,16 mili gram)
  • Karbohidrat (11,4 gram)
  • Zat besi (0,66 mili gram)
  • Fosfor (87 mili gram)

Manfaat dari Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Dari semua senyawa yang disebutkan diatas maka tidak heran jika Buah Naga sangat untuk kesehatan. Membiasakan mengkonsumsi buah naga dapat menjadikan tubuh kita sehat dan selalu fit. Biasanya, cara favorit untuk mendapatkan manfaat dari buah naga adalah dengan membuat jus buah naga. Cara mendapatkan manfaat jus buah naga secara maksimal kita dapat menambahkan dengan bahan lainnya. Seperti halnya dengan mencapur buah naga dengan buah jeruk. Dengan resep ini, kita akan mendapatkan manfaat sebagai peningkat kekebalan tubuh dan membuat tubuh semakin fit. Atau dengan mencampurkan buah naga dengan pir, apel dan kurma. Hal ini akan berkhasiat sebagai cara mengurangi berat badan.

Manfaat Jus buah naga
Jus buah Naga
Tidak perlu khawatir jika kesusahan untuk membuat resep diatas, karena untuk mendapatkan manfaat buah naga dapat dilakukan dengan cara mudah. Hanya dengan mengkonsumsi dalam keadaan segar secara langsung, kita juga sudah bisa merasakan banyak manfaat dari semua kandungan buah ini.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah naga yang perlu kita ketahui,
  • Mencegah kanker
    Memiliki kandungan antioksidan phytoalbumin yang banyak. Dengan senyawa tersebut buah ini dapat menangkal pembentukan sel - sel kanker dalam tubuh manusia. Selain itu buah naga juga berfungsi untuk mengefektifkan kerja sistem pembuangan racun dalam tubuh, juga termasuk racun yang menyebabkan kanker.
  • Mencegah Diabetes
    Dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Karena dapat membunuh sel jahat yang diproduksi dari pola makan yang tidak sehat, termasuk konsumsi makanan yang memicu terjadinya peningkatan gula darah. - Baca: Sayur Okra untuk Kesehatan Penderita Diabetes
  • Peyembuhan Asma
    Manfaat lain darinya adalah melegakan saluran pernafasan. Dengan begitu buah naga dapat menjadi terapi yang baik untuk penderita asma.
  • Kesehatan Tulang
    Dalam buah naga banyak terkandung kalsium, zat besi dan fosfor. Dengan ketiga kandungan ini, mampu untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang.
  • Menurunkan Kolesterol
    Kandungan vitamin B3 pada buah naga dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh manusia.
  • Pembentukan hemoglobin
    Sangat banyak terdapat kandungan vitamin B12. Senyawa ini sangat baik dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh manusia.
  • Kesehatan Usus
    Memiliki kandungan serat, maka senyawa ini dapat memperlancar kerja dari usus. Dan secara sekaligus mampu menjaga kesehatan usus dengan mengurangi kerja dari usus.
  • Mencegah Serangan Jantung
    Berfungsi sebagai pencegah inflamasi serta mampu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu buah naga mampu untuk mengurangi resiko serangan jantung.
  • Pembentukan Trombin dan Protrombin
    Tterkandung senyawa fosfor dan kalsium. Kedua senyawa ini mampu sebagai katalisator dan membantu pembentukan trombin dan protrombin pada darah yang berfungsi untuk menutup luka dan peremajaan sel kulit.
  • Mencegah Darah Tinggi
    Memiliki fungsi untuk memperlancar aliran darah, dengan begitu buah naga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko darah tinggi.
  • Pecernaan Bayi
    Dengan serat dalam kandungan, akan sangat bermanfaat untuk menjaga pencernaan bayi.
  • Meningkatkan nafsu makan
    Buah naga memiliki vitamin B2 dan b1. Kedua vitamin tersebut sangat berguna untuk menambah nafsu makan pada anak - anak.
  • Perwarna Alami
    Memiliki senyawa betalain yang berguna sebagai pewarna alami. Jadi buah naga dapat dimanfaatkan untuk menjadi pewarna untuk makanan.

Manfaat dari Buah Naga untuk Kecantikan

Selain manfaat diatas, buah naga juga bagus untuk kecantikan. Karena dalam buah naga memiliki kandungan vitamin B3 yang cocok untuk kulit. Dan dari 4 jenisnya, buah naga merahlah yang memiliki kandungan vitamin B3 paling tinggi. Maka tidak disangkal lagi bahwa manfaat buah naga merah sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Selain vitamin B3, buah naga merah juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi juga. Dengan kandungan itu kita dapat memperoleh manfaat sebagai pencegah penuaan dini dan juga mencegah tumbuhnya jerawat pada wajah. Untuk cara pemakaiannya juga sangat mudah, cukup menghancurkan hingga menjadi bubur dan mencampurkan dengan yogurt atau madu. Kemudian oleskan bubur buah naga tersebut pada wajah. Lakukan hal tersebut selama 1 kali dalam satu minggu secara rutin. - Baca juga: Belimbing Wuluh untuk Wajah Bebas Flek dan Jerawat

Manfaat Masker buah Naga
Masker buah Naga
Selain untuk kesehatan kulit wajah, manfaat lainnya dapat digunakan untuk melakukan diet. Karena selain wajah yang bersih, badan yang langsing juga sangat mendukung kecantikan seseorang. Buah naga memang sangat cocok untuk mengatur pola makan. Dalam 100 gram buah naga hanya terkandung 60 kkal. Atau bisa dikatakan bahwa buah naga memiliki banyak serat namun rendah akan kalori. Dengan begitu mengkonsumsinya dapat membuat kenyang dan tidak akan terjadi penumpukan kalori.

Manfaat dari Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil memang sangat banyak. Karena dalam buah naga terdapat banyak sekali nutrisi yang sangat berguna, seperti mineral, vitamin, kalsium, kalium zat besi, magnesium, fosfor, serat, karbohidrat dan sebagainya. Dari berbagai nutrisi tersebut ibu hamil akan mendapatkan manfaat yang banyak selama masa kehamilan. Mulai dai zat besi, dengan kandungan zat besi ibu hamil dapat mengurangi resiko anemia. Lalu vitamin B3 (asam polat) yang dapat membantu perkembangan serta pertumbuhan sistem syaraf pada tulang belakang bayi dalam kandungan. Dalam buah naga juga terdapat kandung kalium dan kalsium yang sangat bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin. Kemudian kandungan folates juga sangat penting untuk pembentukan sel darah merah untuk janin. Dan yang paling penting adalah kandungan anti oksidan untuk menangkal jenis penyakit dan mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Manfaat Buah naga untuk Ibu Hamil
Buah naga untuk Ibu Hamil
Dalam buah naga juga terkandung karbohidrat, serat, karoten dan vitamin C. Dengan semua kandungan tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil serta janin dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi buah naga, ibu hamil akan mendapatkan kebutuhan gizi yang tercukupi. Selain itu rasa buah baga juga lezat. Jadi ibu tidak akan bosan untuk mengkonsumsinya. Bahkan sangat cocok dikonsumsi dengan bahan makanan lainnya. Seperti yogurt atau madu atau bahkan dengan buah lain. Caranya juga cukup mudah, bisa dimakan secara langsung atau dengan membuat jus buah naga yang segar. Dengan cara yang mudah dan rasa yang enak, ibu hamil sudah dapat mencukupi nutrisi tanpa kesusahan.
Simak juga: Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Manfaat dari Kulit Buah Naga

Selain daging buah naga, menurut penelitan kulit dari buah naga mengandung taraxast dan pentacylic tripyepene 20ene 30aol yang baik untuk peredaran darah manusia. Dari kandungan tadi, manfaat kulit buah naga dapat di gunakan untuk melenturkan pembuluh darah. Kedua kandungan yang disebutkan tadi sangat berguna untuk membuat pembuluh darah menjadi elastis. Hal ini merupakan terobosan baru untuk dunia kesehatan, karena sebelumnya hanya obat kimia yang melakukan fungsi tersebut. Selain itu, kulit buah naga juga bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah resiko penyakit tumor. Hal tersebut karena memiliki senyawa yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel yang abnormal dan beresiko untuk menjadi tumor.

Manfaat Kulit buah Naga
Kulit buah Naga
Untuk mendapatkan manfaat buah naga yang sudah dijelaskan diatas, kita bisa memanfaatkan dengan 2 cara. Pertama, membuat teh kulit buah naga. Cara untuk membuatnya juga cukup sederhana. Yaitu dengan memotong kecil, kemudian jemur dibawah sinar matahari secara langsung. Jika sudah kering, maka bisa diseduh langsung dan diminum layaknya membuat teh biasa.

Kedua, dengan cara menumis. Tentu saja cara membuat tumisan kulit buah naga sama seperti membuat tumisan biasa. Hanya perlu menyiapkan bahan dan bumbu untuk menumis. Lalu tambahkan kulit buah naga saat memasak tumisan. Dengan begitu, kita dapat memperoleh manfaat kulit buat naga dengan cara yang mudah dan tentu saja enak.
Baca juga: Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan Wajib di Ketahui
Manfaat selanjutnya adalah mampu untuk mendeteksi dari keberadaan formalin dan boraks pada makanan. Terdengar mungkin sedikit aneh, namun juga merupakan manfaat dari buah naga yang perlu kita ketahui. Karena boraks dan formalin adalah senyawa yang sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Jadi dengan membedakan makanan berformalin atau mengandung boraks sangat dibutuhkan. Untuk mengetahui keberadaan boraks dan formalin pada makanan, dengan menggunakan kulit buah naga memang cukup mudah. Dengan cara memotong kulit buah naga lalu merendam dengan air tawar yang ditambahkan air perasan jeruk nipis. Lalu biarkan air rendaman menjadi merah. Jika sudah, celupkan tisu pada air rendaman tadi. Kemudian tempelkan tisu pada makanan yang akan diuji kandungan boraksnya. Jika warna tisu tetap merah, dapat dipastikan bahwa makanan tersebut mengandung boraks atau formalin. Namun jika warna tisu memudar lalu menjadi putih, maka dapat dikatakan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Cara Menanam Buah Naga dalam Pot

Salah satu cara untuk mendapatkan - langkah berikut yang harus dilalui untuk mendapatkan buah naga dengan buah yang lebat.
  1. Menyiapkan Pot
    Siapkan pot dengan minimal diameter 40 cm, hal ini dikarenakan tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu tanah yang drastis pada siang hari hingga malam hari untuk memaksimalkan proses pembungaan.
  2. Tiang Panjatan
    Selain pot, kita juga harus menyiapkan tiang untuk menjalarnya pohon buah ini. Tiang bisa terbuat dari beton atau balok kayu dengan diameter sekitar 10 cm. Dengan tinggi sekitar 200 cm.
  3. Media Tanam
    Untuk media tanam, kita akan membutuhkan pasir, tanah, pupuk kandang serta kompos dengan komposisi perbandingan 2:1:3:1. Jika sudah, campur dengan rata ke-empat komposisi media tadi. Kemudian siram dengan air dan biarkan selama 24 jam.
  4. Menanam Bibit
    Pilih bibit yang besar dan berwarna hijau keabuan. Potong batang untuk bibit sepanjang 30 cm. lalu tanam disekitar tiang dengan kedalama 10 cm. kemudian letakkan pot di tempat terbuka atau yang terpapar sinar matahari secara langsung.
  5. Mememihara Tanaman
    Ada 4 proses yang harus dilakukan. Yaitu proses penjarangan, pemangkasan, pemupukan, hingga pemindahan pot. Untuk proses pemupukan dapat dilakukan dengan memberikan pupuk yang mengandung P dan K, atau bisa dilakukan dengan memberikan pupuk kandang. Serta janga lupa untuk menyiram pada pagi dan sore hari. Lalu proses pemangkasan, proses ini dilakukan untuk mendapatkan cabang baru yang produktif. Proses pemangkasan biasanya dilaukan pada umur 2 sampai 3 bulan. Kemudian proses penjarangan, hal ini dilakukan saat pohon buah naga sedang berbunga. Sisakan saja 2 bakal bunga pada setiap cabang buah naga.
Dengan menanam dirumah menggunakan pot kita akan menikmati buah naga saat panen. Jadi tidak perlu lagi untuk membeli di pasar. Dan yang paling penting kita dapat merasakan banyak manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh dari hasil kebun sendiri.