Kandungan dan Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan

By:
Tag: Manfaat Lainnya
Selama ini mungkin kita sering mendengar bahwa lemak pada hewan adalah bahan makanan yang harus kita hindari karena dapat merugikan kesehatan dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Tetapi pengecualian terjadi untuk manfaat minyak ikan salmon. Lemak ikan yang sering disebut omega-3 akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh terutama untuk jantung kita. Untuk itu diperlukan pengolahan yang baik agar manfaat lemak ikan tak hilang saat dikonsumsi. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk mengonsumsi minyak ikan salmon untuk memperoleh manfaat maksimal bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat minyak ikan salmon berikut kandungan nutrisinya.

Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi di Balik Manfaat Minyak Ikan Salmon

Pada lemak ikan salmon terdapat zat asam timnodosat dan servonat yang terkandung dalam asam lemak omega-3. Kedua senyawa tersebut berperang penting dalam menjaga kesehatan jantung dengan memperkecil potensi terjadi penyakit jantung koroner, mencegah pembekuan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu mengendalikan tekanan darah. Semua manfaat tersebut dapat diperoleh dengan pemberian kedua zat tersebut sebanyak 3 gram per hari.

WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan paling sedikit 2 kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seandainya konsumsi ikan secara alami tak dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita karena mungkin pengolahan yang salah, suplemen minyak ikan, terutama ikan salmon dapat menjadi penunjang.
Simak juga:
Manfaat Cuka Apel Tahesta untuk Kesehatan
Manfaat Putih Telur untuk Wajah Halus dan Awet Muda
Pengolahan daging ikan dengan digoreng sebaiknya tak dilakukan karena dapat menghilangkan manfaat asam lemak pada ikan. Pemanasan ikan menggunakan microwave selama 6 menit pada suhu 110 derajat dianggap alternatif pengolahan ikan yang terbaik. Seperti yang kita ketahui beberapa perairan yang telah tercemar merkuri dan logam berat juga mempengaruhi kondisi ikan yang justru membahayakan bila terlalu banyak dikonsumsi walaupun ikan salmon yang hidup di perairan lepas memiliki kualitas yang sama baiknya dengan ikan salmon hasil budidaya.

Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan

Manfaat minyak ikan salmon sesuai dengan riset ilmiah selain dapat menjaga kesehatan jantung antara lain adalah:
  1. Memperkecil resiko kematian akibat serangan jantung yang mendadak.
  2. Sama seperti manfaat daun kelor untuk kesehatan, minyak ikan membantu mengurangi resiko serangan jantung pada penderita kencing manis.
  3. Membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.
  4. Dapat mengatasi peradangan karena kandungan zat anti-inflamasi.
  5. Membantu menjaga kepadatan dan kesehatan tulang.
  6. Menurunkan resiko terserang dementia dan Alzheimer pada lansia dengan menjaga kesehatan otak dan syaraf.
  7. Minyak ikan salmon yang dikonsumsi oleh anak-anak dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otaknya.
  8. Membantu meringankan gejala depresi dengan menjaga kesehatan mental.
  9. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  10. Berguna untuk mengurangi serangan asma, rheumatoid arthritis, dan aterosklerosis.
  11. Memperkecil resiko terserang kanker.
Mengingat begitu banyaknya manfaat minyak ikan salmon bagi kesehatan, mulai sekarang sebaiknya biasakan untuk mengonsumsinya secara teratur termasuk bagi keluarga Anda.