5 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

By:
Tag: Manfaat Lainnya
Sabun pepaya saat ini sudah mudah diperoleh. Ya, pepaya sudah diolah secara modern menjadi aneka produk kecantikan, khususnya produk pemutih kulit. Lalu, apa sajakah manfaat sabun pepaya? Apakah hanya memutihkan kulit, atau memang ada manfaat lain? Pepaya adalah jenis buah yang kaya manfaat dan mudah ditemukan di berbagai belahan bumi. Di dalamnya terdapat enzim aktif bernama papain yang merupakan sumber dari manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Sabun Pepaya dan Enzim Papain

Sabun pepaya diolah sedemikian rupa sehingga enzim papain di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Enzim inilah sumber manfaatnya bagi kecantikan maupun manfaatnya bagi kesehatan. Berikut adalah kegunaannya untuk perawatan kecantikan anda:

Mengelupas Sel Kulit Mati

Sejumlah artikel pernah dipublikasikan tentang manfaat sabun pepaya bagi kecantikan, karena papain membantu mengelupas sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sabun pepaya membantu menghilangkan kulit kasar dan bersisik. Papain atau papaya proteinase ini bekerja memecah protein tertentu di dalam kulit, sehingga kulit tetap lembut. Saat papain bercampur dengan air, makasel-sel kulit mati akan luruh dari permukaan kulit.

Mencerahkan Kulit

Sejumlah tulisan juga menyebutkan bahwa sabun pepaya dapat mencerahkan kulit secara perlahan. Ya, memang banyak sabun pepaya yang dipasarkan dengan iming-iming mencerahkan kulit. Sebenarnya, papain tidak secara langsung mencerahkan kulit, namun karena enzim ini mengelupas kulit mati, maka kulit anda akan tampak lebih cerah. Fungsi ini sama dengan manfaat soda kue untuk wajah.

Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Manfaat sabun pepaya untuk kulit selanjutnya adalah membantu mengatasi jerawat dan bekasnya. Salah satu penyebab jerawat adalah sel-sel kulit mati yang menyumbat pori, sehingga kotoran tidak keluar dan tumpukan minyak sebum. Sebu dan kotoran bertumpuk di bawah akar rambut, maka terbentuklah jerawat. Sebaliknya, jika sel kulit mati di kelupas sempurna, maka resiko penumpukan sebum dan kotoran menjadi lebih kecil, dan resiko terjadinya jerawat juga berkurang.

Prinsip pengelupas sel kulit mati juga berlaku untuk kegunaan sabun pepaya dalam menipiskan bekas jerawat maupun noda hitam di wajah. Meski bersifat memutihkan, sabun pepaya tidak mengandung bahan pemutih yang dapat menimbulkan efek samping.

Manfaat Enzim Papain Lainnya

Selain manfaat untuk kecantikan, ternyata sabun pepaya juga bisa digunakan untuk keperluan lain, di antaranya:
  • Menghilangkan Noda Pada Kain
    Jika anda memiliki kain dengan noda membandel, maka cobalah menggunakan sabun pepaya. Sifatnya yang memecah protein juga dapat membantu menghilangkan noda, seperti noda darah. Caranya adalah dengan mengaplikasikan sabun pada area yang bernoda dan kemudian digosok-gosok.
  • Menghilangkan Sakit Digigit Serangga
    Ternyata, papain juga telah dimanfaatkan pada industri kuliner, yakni pada produk pelunak daging siap pakai. Sebuah tulisa di Reader’s Digest mengatakan bahwa campuran produk pelunak daging (meat tenderizer) dengan air dapat membantu menghilangkan sakit dan gatal akibat gigitan serangga. Produk ini bekerja dengan memecah toksin penyebab nyeri, gatal, dan mengkak. Selain itu, anda juga bisa membersihkan luka bekas gigitan serangga dengan sabun pepaya untuk mengurangi rasa sakitnya
Baca juga: Manfaat Rumput Fatimah untuk Wanita
Meski demikian, perlu diingat bahwa papain mengandung latex. Jadi, anda yang alergi terhadap latex harus menghindari produk dari buah pepaya. Selain itu, latex juga dikaitkan dengan terjadinya kontraksi prematur pada wanita hamil. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan produk berbahan dasar papain selama kehamilan. Selain pada kondisi di atas, anda bisa memperoleh manfaat sabun pepaya untuk merawat kecantikan kulit tubuh dan wajah anda.