7 Manfaat Jahe Merah dan Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

By:
Tag: Manfaat Makanan, Manfaat Tanaman
Jahe adalah salah satu bahan lokal yang khasiatnya telah diakui selama beberapa generasi. Manfaat jahe merah untuk kesehatan semakin optimal jika dipadukan dengan madu. Dua bahan herbal ini merupakan perpaduan yang sempurna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jahe merah maupun madu sama-sama memiliki manfaatnya sendiri, dan kombinasi keduanya menghasilkan bonus tambahan untuk kesehatan anda. Madu merupakan media yang sempurna untuk menyampaikan khasiat jahe merah ke seluruh tubuh.

Manfaat Jahe Merah dan Madu

Manfaat Jahe Merah dan Kombinasi Madu untuk Kesehatan

Jahe adalah tanaman bumbu sekaligus obat yang khasiatnya luar biasa untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari perpaduan jahe merah dan madu untuk kesehatan anda:
  • Meringankan asma; campuran jahe merah, madu, dan merica dapat membantu mengatasi atau mengurangi efek asma. Campuran ini menghasilkan efek sejuk secara alamiah dan bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat mengurangi kekakuan, sekaligus meningkatkan sirkulasi oksigen ke paru-paru dan relaksasi pembuluh darah.
  • Mengatasi masalah pernafasan; manfaat jahe merah dan madu berikutnya adalah sebagai ekspektoran, sehingga dapat meringankan masalah pernafasan, seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan hidung tersumbat.
  • Meringankan efek kemoterapi; Jahe merah membantu meringankan rasa mual dan muntah yang kerap terjadi akibat pengobatan kanker dan kemoterapi. Gejala ini biasanya sangat mengganggu, sehingga pasien membutuhkan solusi alternatif. Jahe mencegah rasa tidak nyaman serta mengurangi mual akibat komponen cisplatin yang digunakan selama kemoterapi.
  • Mengatasi gejala morning sickness; jahe juga membantu gejala mual dan muntah pada wanita hamil muda. Sementara itu, madu secara alami memberikan efek sejuk, sehingga keduanya merupakan solusi bagi ibu muda yang mengalami morning sickness yang parah pada trimester pertama.
  • Mencegah kanker; sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi jahe merah dan madu menghasilkan efek kemo-preventif dan stimulus terhadap enzim-enzim antioksidan yang berfungsi mengurangi resiko pertumbuhan kanker dan metastasis. Oleh sebab itu, tonik jahe merah dan madu tidak hanya mengurangi efek kemoterapi, namun juga mengurangi resiko kanker.
  • Mengatasi gangguan pencernaan; jahe merah dan madu juga diyakini baik untuk menjaga sistem pencernaan. Keduanya memiliki khasiat antioksidan yang membantu memperkuat sistem imun tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi satu sendok teh tonik jahe merah dan madu sangat membantu bagi orang yang memiliki sistem pencernaan lemah. Kedua bahan ini juga mengandung protein tingkat tinggi yang membantu proses pencernaan. Protein bekerja menstimulasi asam lambung, yang berfungsi mempercepat proses pencernaan dan melancarkan BAB.
  • Menjaga kesehatan jantung; Sifat antioksidan yang terkandung dalam madu dan ajhe merah terbukti dapat memperlemah kerja prostaglandin di dalam tubuh. Prostaglandin adalah lipid yang dihasilkan secara enzimatik dari asam lemak yang terdapat pada jahe merah. Selain itu, efek jahe merah dan madu ditemukan dapat menurunkan tekanan pada pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah dan menurunkan resiko terjadinya kondisi-kondisi mematikan seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.
Baca juga:
Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan
Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh
Cara terbaik untuk mengkonsumsi jahe merah dan madu adalah dengan mencampurkan satu sendok teh jahe merah halus dengan satu sendok teh madu, lalu dikonsumsi secara langsung. Selain memperkuat khasiat jahe merah untuk tubuh, madu membuat rasa jahe menjadi lebih enak di lidah. Mengingat banyaknya manfaat jahe merah dan madu untuk kesehatan, tidak heran jika keduanya menjadi bahan wajib yang selalu tersedia di rumah. Anda bisa menyiapkannya segera jika salah satu anggota keluarga jatuh sakit karena batuk, pilek, atau gangguan tenggorokan.