Terbukti! 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Kecantikan Wajah

By:
Tag: Manfaat Lainnya, Manfaat Tanaman
Mungkin, minyak zaitun adalah salah satu bahan wajib di dapur anda, bukan? Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bukanlah satu-satunya alasan untuk mencintai minyak sehat ini. Pasalnya, minyak nabati ini juga sangat kaya manfaat untuk menjaga penampilan anda, mulai dari melembabkan kulit hingga mengatasi tanda-tanda dini proses penuaan. Tidak heran jika minyak zaitun kini sangat populer digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan produk-produk kosmetik, baik untuk perawatan wajah, tubuh, rambut, hingga kuku.

manfaat minyak zaitun mustika ratu

Manfaat Minyak Zaitun sebagai Bahan Perawatan Kecantikan

Beberapa brand produk kosmetik di Indonesia menyediakan minyak zaitun siap pakai untuk perawatan kecantikan. Sebagai contoh, manfaat minyak zaitun mustika ratu sangat bervariasi, mulai dari perawatan wajah, rambut, alis, bulu mata, hingga perawatan payudara dan ibu hamil. Lalu, kandungan apa sebenarnya yang ada di balik 1001 manfaatnya?

Ternyata, minyak zaitun mengandung berbagai vitamin, seperti Vitamin A, D, E, dan K. Minyak dari buah zaitun ini juga merupakan antioksidan, yang membantu mencegah dan mengatasi efek radiasi ultraviolet yang bisa memicu kanker. Minyak zaitun mengandung suatu bahan bernama squalene dalam konsentrasi tinggi. Zat inilah yang memperkuat khasiat antioksidan di dalamnya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Wajah

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan perawatan kecantikan:
  • Sebagai pelembab; minyak zaitun mudah menyerap ke dalam kulit wajah, sehingga dapat berfungsi untuk melindungi wajah, sekaligus menjaganya tetap lembab. Antioksidan, Vitamin A, dan Vitamin E di dalamnya membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari, asap rokok, maupun polutan. Cukup oleskan minyak zaitun pada wajah sebagai pelembab.
  • Sebagai exfoliant; sel-sel kulit mati membuat wajah anda tampak kusam. Anda bisa mengatasinya dengan mencampurkan minyak zaitun murni bersama garam. Aduk hingga teksturnya lembut, dan pijatkan pada area wajah yang terasa kasar dan bersisik. Scrub ini bekerja menghilangkan sel kulit mata dan mendorong pertumbuhan sel-sel yang baru dan sehat.
  • Pembersih Make-up; oleskan satu atau dua tetes minyak zaitun murni pada kapas wajah. Gunakan untuk menghilangkan sisa-sisa makeup. Angkat perlahan agar kulit tidak meregang, khususnya di sekitar mata. Selain menghilangkan sisa makeup, minyak zaitun menghaluskan kulit.
  • Mengatasi jerawat; siapa bilang minyak zaitun justru memperparah masalah jerawat? Faktanya, minyak zaitun bersifat anti-bakteri, sehingga membantu mencegah radang akibat jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda bisa menggunakannya langsung tanpa bahan tambahan. Ya, cukup oleskan pada area yang berjerawat. Diamkan sejenak, lalu kemudian lap dengan handuk yang dibasahi air hangat. - Baca: Belimbing wuluh untuk wajah bebas flek dan jerawat
  • Menjaga elastisitas kulit wajah; oleskan minyak zaitun pada wajah untuk meningkatkan elastisitas kulit. Lakukan perawatan ini secara rutin pada malam hari setelah terlebih dahulu membersihkan wajah anda. Sebaiknya, lakukan perawatan ini saat wajah belum kering sempurna agar kulit tidak mengkilap.
Meski memiliki banyak manfaat, aplikasi minyak zaitun secara langsung pada wajah harus dilakukan secara hati-hati jika anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Selain itu, jika anda memiliki jenis kulit berminyak, penggunaan minyak zaitun sebaiknya tidak terlalu lama.
Menarik lainnya:
Manfaat Putih Telur untuk Wajah Halus dan Awet Muda
Manfaat Setrika Wajah untuk Pipi Lebih Kencang dan Tirus
Manfaat Soda Kue untuk Wajah Cantik dan Cara Menggunakannya
Untuk memastikan khasiatnya, gunakanlah minyak zaitun ekstra virgin. Keberadaan bahan campuran dikhawatirkan dapat merusak khasiat minyak ini. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat maupun untuk perawatan harian, jangan hanya menggunakannya untuk keperluan luar saja. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai perawatan dari dalam, karena minyak nabati ini juga sangat baik untuk kesehatan.