5 Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare

By:
Tag: Manfaat Lainnya, Manfaat Makanan
5 Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare – Sayuran bergerigi berbentuk memanjang ini sangat populer di masyarakat Indonesia. kendati berasal dari India Barat dan Myanmar namun sayuran ini banyak dibudidayakan di Indonesia. pare atau paria merupakan sayuran dengan kategori labu-labuan. Rasanya memang dominan pahit namun rasa khasnya ini ternyata menjadi hal yang paling disukai. Kendati banyak yang tidak suka pula dengan sayuran ini. namun dibalik rasa pahitnya tersimpan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Selain itu banyak sekali cara mengolah pare agar rasa pahitnya tidak terlalu kentara. Anda bisa menggunakan cara tersebut sehingga bisa mendapatkan manfaat pare tanpa perlu merasakan pahit yang berlebih. Pare memiliki serat, senyawa chartin yang bermanfaat mengatasi masalah pencernaan dan diabetes. Kedua kandungan ini adalah yang paling besar terdapat didalamnya. berikut ini ulasan selengkapnya untuk aneka manfaat pare agar anda semakin bersemangat mengkonsumsi sayuran ini.

Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare

1. Menambah nafsu makan
Kendati pare memiliki rasa yang pahit namun bermanfaat merangsang fungsi pencernaan secara alami. fungsi pencernaan yang meningkat inilah yang akan merangsang nafsu makan kembali normal. jika anda tidak ingin menggunakan obat penambah nafsu makan, maka cobalah konsumsi pare. Banyak cara mengolah sayuran ini agar rasa pahitnya tidak dominan. Salah satunya dengan merendamnya dengan air garam.

2. Mengatasi sembelit
Sembelit bisa diatasi secara optimal dengan mengkonsumsi pare secara teratur. Konsumsi sayuran satu ini agar pengerasan tinja tidak semakin parah. Proses pencernaan semakin lancar dengan konsumsi pare secara teratur. Selain itu penumpukan racun didalam saluran pencernaan bisa dikeluarkan secara optimal dengan mengkonsumsi sayur pare secara teratur.

3. Mengobati diabetes
Senyawa chartin yang ada pada pare ternyata bermanfaat mencegah kadar gula darah melejit. Kandungan gula darah yang tinggi pun bisa dinormalkan kembali dengan mengkonsumsi sayur pare. Senyawa chartin ini dihasilkan dari molekul peptida yang terdapat didalamnya. molekul inilah yang bermanfaat mengatasi kenaikan kadar gula darah dan mencegah komplikasi akibat diabetes.

4. Mengatasi kolesterol
Lemak jahat yang berlebihan akan membuat penumpukan kolesterol semakin tinggi. Jika kolesterol semakin mengendap didalam aliran darah maka akan beresiko tinggi menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke. Anda bisa mengkonsumsi pare secara teratur untuk mengikis lemak jahat penyebab kolesterol. Kesehatan jantung dan tekanan darah pun bisa terkontrol dengan sayur pare.

5. Sebagai obat cacing
Bagi anak yang mengalami cacingan, pare bisa menjadi obat alami untuk mengobati penyakit ini. kandungan anti bakterinya bermanfaat mengatasi cacingan secara cepat. gunakan biji pare sebanyak 4 buah dan giling hingga halus. Masukan kedalam air hangat dan aduk rata. Minumkan secara teratur hingga cacingannya sembuh.

Dibalik pahitnya sayuran ini ternyata banyak manfaat terbaik untuk kesehatan tubuh. semoga bermanfaat.