5 Gejala Menopuse Pada Wanita Yang Jarang Diketahui

By:
Tag: Gejala Penyakit
5 Gejala Menopuse Pada Wanita Yang Jarang Diketahui – Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada wanita pada usia produktif. Namun seiring bertambahnya usia produktivitas wanita pun akan menurun dan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi. Hal tersebut kerap disebut sebagai periode menopuse. Menopuse sendiri juga menjadi salah satu pertandabahwa wanita sudah mulai memasuki usia lanjut. Namun menopuse sendiri tidak serta merta terjadi begitu saja. Menjelang periode tersebut wanita akan mengalami gejala-gejala tertentu.

Anda perlu tahu apa saja gejala dari Menopuse ini agar nantinya bisa mempersiapkan mental lebih dini jika sudah memasuki periode tersebut. selain itu dengan tahu apa saja gejala menopuse yang biasanya jarang diketahui ini anda tidak akan mengira sedang mengalami penyakit tertentu. Pasalnya menopuse merupakan hal alami yang pasti akan terjadi pada semua wanita. nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk gejala menopuse yang jarang diketahui.

Gejala Menopuse Pada Wanita Yang Jarang Diketahui

1. Susah tidur
Adanya perubahan hormon yang signifikan juga memengaruhi pola tidur menjelang menopuse. Wanita menjelang menopuse akan lebih sulit tidur dan kerap terbangun pada malam hari. selain itu pada waktu tersebut sangat kuat keinginan untuk buang air kecil. selain itu gejala sulit tidur ini juga dibarengi denga rasa kepanasan yang menyebabkan tubuh lebih mudah berkeringat.

2. Mood tidak stabil
Pra menopuse juga ditandai dengan perubahan mood yang tidak stabil. Sekilas memang mirip seperti hendak menstruasi namun perubahannya sangat berlebih. Memang sekilas sulit dibedakan antara pertanda menstruasi atau menopuse namun bisa dipastikan bahwa perubahan mood ini adalah gejala menopuse jika dibarengi dengan pertanda lainnya. penyebab mood tidak stabil ini adalah perubahan hormon yang fluktuatif.

3. Inkontinensia
Inkontinensia merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa menahan urine keluar tiba-tiba. hal ini disebabkan otot halus sudah tidak lagi lentur. Biasanya ketika tertawa, bersin, batuk, dsb akan membuat urine keluar tanpa dikehendaki walaupun intensitasnya sedikit. Jika hal tersebut semakin sering terjadi maka tanda menopuse sudah dekat. Hal ini semakin jelas jika dibarengi dengan bertambahnya berat badan secara signifikan.

4. Area kewanitaan menjadi kering
Hormon estrogen pra menopuse juga akan menurun kadarnya. Hal ini akan menyebabkan area kewanitaan menjadi terasa kering. Jika digunakan untuk berhubungan maka akan terasa perih dan nyeri. hal ini pula yang menyebabkan gairah untuk berhubungan menjadi menurun. Kondisi tersebut semakin diperkuat dengan ingatan yang mulai menurun. Jika gejala tersebut terjadi bisa dipastikan masa menopuse sudah semakin dekat.

5. Periode menstruasi tidak teratur
Dari serangkaian gejala diatas, menopuse juga ditandai semakin dekat dengan tidak teraturnya periode menstruasi. Selain dari waktunya, kuantitas darah yang keluar pun lebih sedikit. Menstruasi tidak teratur menjelang menopuse ini terjadi karena menurunnya jumlah hormon estrogen pada wanita. produksi mineralisasi yang berkurang merupakan penyebab utama menurunnya hormon estrogen.

Itu dia berbagai gejala menopuse yang mesti anda tahu. Menopuse merupakan fase yang pasti akan dialami semua wanita sehingga anda tidak perlu khawatir jika nantinya terjadi pada diri anda. semoga bermanfaat.