5 Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Umum Terjadi

By:
Tag: Gejala Penyakit
5 Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Umum Terjadi – Tekanan darah rendah merupakan kebalikan dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi terjadi karena pembuluh darah tersumbat oleh lemak sehingga rentan stroke dan gagal jantung. Namun darah rendah juga tidak boleh disepelekan. Penyakit satu ini akan membuat siklus peredaran darah menjadi kacau dan membuat organ tubuh tidak bekerja secara optimal. Darah yang dipompa jantung secara lemah tidak akan menyuplai secara optimal ke seluruh tubuh.

Efeknya penderita akan mengalami berbagai gejala-gejala tertentu. Mengenali apa saja gejala umum darah rendah sangat penting. Hal ini akan membuat kita sigap dalam menanganinya. Umumnya gejala penyakit ini hampir sama dengan penyakit lainnya seperti sakit kepala, mual, penglihatan kabur, hingga kerap merasa pingsan. Jangan sampai anda terlambat menangani tekanan darah rendah karena tidak tahu pasti apa saja gejala umumnya. Berikut ulasan selengkapnya untuk gejala umum tekanan darah rendah.

Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Umum Terjadi

1. Sakit kepala
Umumnya penderita penyakit tekanan darah akan mengalami sakit kepala. Baik itu tekanan darah rendah maupun tinggi. Pada kasus darah rendah penderita akan lebih mengalami pusing dengan gejala mata berkunang-kunang dan berakhir dengan pingsan. Sakit kepala ini disebabkan tekanan darah yang tidak stabil atau ortostatik. Tekanan darah yang terlalu rendah juga membuat oksigen tidak cukup banyak mengalir ke otak sehingga menyebabkan sakit kepala.

2. Penglihatan kabur
Penglihatan kabur karena tekanan darah rendah berbeda dengan mata minus. Oksigen yang tidak cukup sampai ke otak menyebabkan penglihatan kabur. Biasanya gejala satu ini akan dibarengi dengan rasa sakit kepala dan pingsan. Penglihatan kabur juga bisa anda rasakan ketika duduk atau jongkok terlalu lama.

3. Wajah pucat
Suplai darah yang sedikit membuat penderita darah rendah mengalami wajah pucat. Tubuh pun akan terasa dingin karena suplai darah tidak sampai ke mucosa tubuh. selain warna pucat pada wajah anda juga bisa melakukan identifikasi pada telinga, tangan, kaki dan warna bibir yang membiru. Biasanya wajah pucat ini juga akan dibarengi dengan keringat yang deras.

4. Perut mual
Penderita tekanan darah rendah juga akan mengalami mual yang tiba-tiba dan berulang kali. Mual akan dibarengi dengan letih dan lemas. Bahkan untuk menopang tubuh rasanya tidak kuat. Energi yang dibawa menuju otak akan mengalami penurunan sehingga penderita tekanan darah rendah akan mengalami gejala tersebut. selain ke otak, energi pun tidak disuplai secara optimal ke seluruh organ tubuh.

5. Nafas cepat dan dangkal
Paru-paru pun memberikan reaksi akibat tekanan darah rendah. Organ tubuh tersebut tidak bisa mengimbangi kemampuan mengikat oksigen ke seluruh tubuh. akibatnya penderita akan mengalami sesak nafas atau nafas dangkal. Selain itu dampak buruknya tidak bisa berfikir cepat dan mengerjakan tugas dengan tangkas. Biasanya pada beberapa kasus penderita akan mengalami depresi.

Itu dia berbagai gejala tekanan darah rendah yang umum terjadi. Sebaiknya segera mendapatkan penangan medis jika anda mengalami gejala-gejala tersebut.