5 Masalah Torch Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil

By:
Tag: Gejala Penyakit
5 Masalah Torch Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil – Mungkin belum banyak yang familiar mengenai TORCH. TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus serta Herpes. Infeksi keempat virus tersebut merupakan infeksi yang tidak boleh disepelekan terutama bagi ibu hamil. Selain berbahaya karena menggangu kesuburan wanita, Torch juga bisa menjadi salah satu penyebab janin lahir tidak sempurna dan mengalami gangguan tertentu. Vaksinasi merupakan cara ampuh untuk mencegah dan menangani infeksi virus tersebut.

Virus memang sangat mudah menyerang ibu hamil. Efek paling mengerikan dari torch ini sendiri adalah gangguan kandungan hingga keguguran. Banyak yang belum paham sepenuhnya mengenai apa saja bahaya dari Torch. Padahal banyak kasus gangguan kehamilan yang disebabkan oleh infeksi 4 virus tersebut. berikut penjelasan selengkapnya mengenai Torch, salah satu masalah infeksi virus yang sebaiknya diwaspadai ketika kehamilan.

Masalah Torch Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil

1. Bahaya Torch
Tourch merupakan salah satu infeksi yang memengaruhi kesuburan anda. penyebab utamanya adalah virus Torch yang akan menyebabkan sel telur menjadi sulit dibuahi oleh sperma. Akibatnya akan menyebabkan terbentuknya mioba sehingga wanita sulit hamil. Jika infeksi virus tersebut terjadi pada wanita hamil memang tidak berbahaya bagi janin namun sebaiknya diobati sesegera mungkin karena sangat menggangu kehamilan. biasanya gejala yang ditampilkan penyakit ini tidak spesifik dan sulit dideteksi.

2. Toxoplasma
Salah satu penyebab paling umum dari bahaya Torch adalah adanya infeksi Toxoplasma. Infeksi bakteri ini akan menyebabkan berbagai gejala ringan. Gejalanya mirip seperti influenza. Selain itu penderita juga akan mengalami demam, rasa lelah hingga berbagai masalah lainnya. bagi ibu hamil sangat berbahaya. selain itu yang memiliki imun lemah juga rentan terinfeksi.

3. Rubella
Biasanya infeksi rubella ini memiliki gejala seperti ruam pada area kulit, demam akut dan membesarnya kelenjar getah bening. Jika ibu hamil muda mengalami infeksi tersebut maka akan berbahaya pada kehamilan dan bayinya. Gejala rubella ini sangat bermacam-macam. Umumnya penderita akan mengalami demam yang tinggi dengan ruam merah yang tampak jelas.

4. Cytomegalovirus
Virus Cytomegalovirus juga kerap disebut CMV. Virus berbahaya ini merupakan golongan dari Herpes. Maka dari itu jenis virus ini menyimpan bahaya besar jika sampai menginfeksi tubuh. jenis virus ini pun terbilang menular dan bisa menyebabkan efek buruk lainnya pada kehamilan. mulai dari penyakit kuning, pengapuran otak, ketulian, dll.

5. Herpes Simpleks Tipe II
Herpes Simpleks Tipe II biasanya menginfeksi alat genital. Bahaya virus satu ini sama dengan CMV yang bisa merambat melalui serabut saraf sensorik. Jika ibu hamil terinfeksi virus ini maka bayi yang terlahir akan mengalami kulit melepuh serta mengalami gangguan pertumbuhan lainnya.

Itu dia berbagai penjelasan mengenai Torch, salah satu masalah yang seharusnya diwaspadai selama kehamilan. maka dari itu selama kehamilan anda mesti rajin periksa ke dokter kandungan untuk memastikan kesehatan kehamilan anda.