5 Tips Menjaga Organ Reproduksi Wanita

By:
Tag: Cara Mencegah Penyakit
5 Tips Menjaga Organ Reproduksi Wanita – Bagi seorang wanita menjaga kesehatan sistem reproduksinya merupakan hal wajib. Karena organ vital ini sangat rentan terinfeksi bakteri serta mengalami luka. Maka dari itu bagian tubuh ini mudah terserang penyakit. Sistem reproduksi kaum hawa dirancang sedemikian rupa dan menjadi salah satu bagian dari kodrat wanita. organ reproduksi terdiri dari dua bagian yaitu reproduksi dalam dan luar. Masing-masing rentan terinfeksi bakteri dan virus sehingga wajib dijaga sebaik mungkin.

Penyakit seperti kanker serviks, kista, keputihan akut hingga kanker rahim adalah momok yang paling ditakuti wanita terkait kesehatan organ reproduksinya. Jika sudah dalam tahapan parah akibatnya bisa mengarah ke infertilitas hingga kematian. Tentunya kita tidak ingin hal buruk tersebut terjadi. Oleh sebab itu menjaga organ reproduksi adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindarinya. Berikut ini berbagai cara menjaga kesehatan alat reproduksi yang bisa anda lakukan.

Tips Menjaga Organ Reproduksi Wanita

1. Bersihkan bagian luar vagina setelah buang air
Cara ini adalah yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan reproduksi. Air bermanfaat mengalirkan sisa kotoran agar tidak mengendap dibagian tersebut. gunakan air mengalir untuk membasuh organ tersebut. Sebaiknya jangan gunakan tisu untuk membersihkan sisa kotoran tersebut karena tidak efektif mengikis sisa kotoran. Gunakan air bersih karena lebih efektif dan hasilnya lebih bersih.

2. Hindari menggunakan sabun pada area vagina
Organ reproduksi wanita dirancang sedemikian rupa sehingga kondisinya senantiasa lembab. Kelembapan ini juga terdiri atas bakteri baik yang ada didalamnya. mencuci alat kelamin menggunakan sabun akan mengakibatkan area tersebut kering dan mudah iritasi. Selain itu reaksi gatal-gatal pun tak terhindarkan. Bahkan jika sabun tersebut menggunakan pewangi dan bahan kimia yang berbuih akibatnya bisa menjadi sebab gangguan sistem reproduksi.

3. Bersihkan area vital sebelum dan sesudah berhubungan
Bagi pasangan suami istri sebaiknya biasakan untuk membersihkan organ vital sebelum dan sesudah berhubungan. air bersih menjamin optimalisasi kebersihan area tersebut. selain itu penularan dan infeksi bakteri juga bisa dicegah dengan cara ini. usahakan buang air kecil setengah jam setelah berhubungan untuk mengurangi resiko infeksi kandung kemih.

4. Bedakan tanda-tanda keputihan
Keputihan adalah siklus normal yang terjadi pada wanita namun menjadi tidak normal jika tanda-tandanya janggal. Keputihan yang janggal ini bisa menandakan adanya penyakit pada alat reproduksi wanita. Jika keputihannya berlebihan, berwarna kekuningan atau berdarah maka sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjut. Karena bisa jadi keputihan tersebut adalah sinyal berbahaya yang diberikan tubuh.

5. Berhenti merokok
Jika anda masih merokok sebaiknya segera berhenti karena merokok tak hanya menggangu organ pernafasan dan jantung saja namun bisa memicu kerusakan organ reproduksi. Salah satu efek buruknya adalah kanker ovarium. Padahal ovarium adalah tempat dimana pembuahan sel telur terjadi. Jika rusak maka akan membuat kesuburan anda terganggu dan berpotensi mengalami kegagalan pembuahan.

Ternyata menjaga kesehatan alat reproduksi sangat mudah. lakukan kebiasaan baik tersebut mulai sekarang untuk agar gangguan sistem reproduksi bisa dicegah. Semoga bermanfaat.