7 Manfaat Daun Serai Untuk Tubuh Anda

By:
Tag: Manfaat Daun
7 Manfaat Daun Serai Untuk Tubuh Anda – Bagi masyarakat Indonesia serai merupakan bahan bumbu yang banyak digunakan untuk berbagai masakan tradisional. Aromanya yang khas membuatnya disukai untuk menambah cita rasa dan menghilangkan bau amis ikan. Tanaman dengan nama ilmiah Cymbopogon citarus ini berasal dari Sri Lanka dan India bagian selatan dan semakin populer dikalangan Asia Tenggara termasuk Indonesia. kepopulerannya semakin melejit karena manfaatnya yang beragam.

Daun serai kaya zat besi dan menjadi salah satu tanaman anti kanker. Kandungan anti septiknya juga terdapat pada tanaman satu ini. maka dari itu daun serai kerap dianggap tanaman serba guna karena tidak hanya sebagai penghasil cita rasa saja namun bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit. Jadi jangan pandang remeh tanaman satu ini karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan tradisional. Seperti yang akan diulas berikut ini untuk berbagai manfaat daun serai bagi tubuh.


Manfaat Daun Serai Untuk Tubuh Anda

1. Anti inflamasi
Daun serai memiliki kandungan anti septik yang bermanfaat menghilangkan mikroba dalam tubuh sehingga detoksifikasi berjalan lancar. Selain itu bagi penderita asam urat juga cocok dikonsumsi karena mengandung anti inflmasi dan anti septik sehingga asam urat dan segala jenis peradangan lainnya bisa diobati. Bahkan radang saluran kemih juga bisa diatasi dengan daun serai ini.

2. Memperlancar detoksifikasi
Kandungan anti-septik dan anti-oksidannya juga memberikan efek diuretik sehingga proses detoksifikasi menjadi lancar. Proses ini akan membuat organ ginjal, hati, pankreas dan kandung kemih menjadi lebih murni dan sirkulasi darah menjadi lancar. Racun yang mengendap dalam tubuh pun mampu dikeluarkan secara efektif dengan konsumsi ramuan serai.

3. Mengurangi kolesterol jahat
Siapa sangka tanaman dengan aroma khas ini juga memiliki zat anti kolesterol dan anti aterosklerosis. Keduanya bermanfaat mengurangi penyerapan kolesterol dan oksidasi kolesterol jahat dalam darah. Proses demikian membantu mencegah terbentuknya plak ateroklerotik yang berbahaya untuk kesehatan jantung.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi
Tekanan darah yang tinggi bisa diturunkan secara alami dengan ramuan daun sereh. Didalam daun serai terdapat potasium yang mendorong proses diuretik. Proses ini bermanfaat untuk mengatur laju tekanan darah ini. cobalah konsumsi ramuan teh serai untuk mendapatkan manfaat tersebut secara teratur.

5. Menjaga kesehatan pencernaan
Daun serai memiliki fungsi melancarkan kera usus dengan sifat anti-mikroba didalamnya. zat ini bermanfaat membunuh bakteri jahat dan parasit dengan mengembalikan pertumbuhan bakteri baik. masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan kembung usus bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan daun serai. Proses detoksifikasi racun pun berjalan lebih normal dengan pencernaan yang lancar.

6. Anti kanker
Daun serai kaya kandungan citral yang bermanfaat sebagai zat pencegah kanker. Walaupun sel kanker jahat bisa dikalahkan dengan zat ini namun jaringan sel sehat dalam tubuh tidak terkikis. Namun bukan berarti air rebusan serai bisa menghilangkan kanker secara permanen. Sifatnya hanya meringankan anda yang sedang menjalankan pengobatan kanker serta mencegah kanker tumbuh lebih ganas.

7. Mengontrol gula darah
Fungsi detoksifikasi dan kerja pankreas yang tidak normal akan menyebabkan peningkatan gula darah. Maka dari itu konsumsi ramuan daun serai secara teratur. Kandungan alaminya membantu proses detoksifikasi pankreas sehingga kinerjanya meningkat. Hal inilah yang bermanfaat menurunkan tingkat gula darah dan mengontrol kadarnya pada penderita diabetes.

Ternyata banyak sekali manfaat dari daun serai ini ya. Maka dari itu tanaman berkhasiat ini bisa menjadi andalan bagi pengobatan tradisional anda. semoga bermanfaat.