Kenali Sejak Awal 5 Gejala Penyakit Kanker Otak Sejak Dini

By:
Tag: Gejala Penyakit
Kenali Sejak Awal 5 Gejala Penyakit Kanker Otak Sejak Dini – Kanker otak merupakan jenis kanker parah yang menyebabkan penderitanya mengalami kematian. Walaupun penyakit kanker otak termasuk yang tidak bisa disembuhkan namun setidaknya bisa anda cegah agar tidak semakin parah. Mencegah penyakit satu ini agar tidak semakin parah sebaiknya dengan mengenali apa saja gejala-gejala awalnya. Pasalnya banyak yang mengira bahwa gejala yang dikarenakan kanker otak merupakan sinyal dari penyakit lainnya. Padahal merupakan sinyal kuat dari kanker otak yang perlu segera ditangani.

Otak merupakan bagian tubuh penting dengan jenis saraf yang berhubungan dengan seluruh tubuh. maka dari itu jika sel kanker sudah menyerang bagian tersebut akan menyebabkan gangguan saraf. Gangguan saraf inilah yang membuat penderita mengalami berbagai gejala khusus. Seperti sakit kepala, muntah, gangguan penglihatan, gangguan motorik hingga mengalami perubahan mental. Kenali terlebih dulu apa saja tanda dan gejala kanker otak sejak dini berikut ini.

Kenali Sejak Awal 5 Gejala Penyakit Kanker Otak Sejak Dini

1. Sakit kepala
Sakit kepala yang disebabkan karena kanker otak menjadi lebih terasa menyakitkan dengan intensitas yang sering. Biasanya sakit kepala akan muncul disertai gejala lainnya seperti mual, muntah hingga demam. Sakit kepala ini akan datang dan pergi secara terus menerus. Hal ini disebabkan sel saraf yang ada pada otak terganggu kinerjanya lantaran pertumbuhan sel kanker yang meningkat.

2. Muntah-muntah
Selain sering merasakan sakit kepala anda juga kerap muntah-muntah. Proses metabolisme tubuh akan terganggu karena kanker yang menyerang otak. Muntah-muntah ini terjadi begitu saja tanpa adanya penyakit tertentu sebelumnya. Selain itu cairan muntah pun berwarna agak kehijauan dengan intensitas yang sering.

3. Perubahan mental
Kanker otak yang semakin parah akan menyebabkan kesehatan mental terganggu. Perubahan mental ini disebabkan sel kanker sudah merusak sel saraf yang berkaitan dengan mental. Masalah mental karena kanker otak biasanya disertai gejala seperti gangguan kosentrasi, kehilangan memori, perubahan perilaku hingga masalah penalaran.

4. Gangguan penglihatan
Jika sudah merambat kepada gangguan penglihatan bisa jadi sel kanker sudah menyerang sel saraf mata. Gangguan penglihatan karena kanker otak biasanya akan menimbulkan gejala seperti kehilangan teks ketika membaca, hanya mampu melihat lurus ke depan, melihat lampu seolah berkedip dan penglihatan menjadi kabur.

5. Kejang
Kanker yang sudah merambah otak secara ganas akan menyebabkan aktivitas motorik menjadi tidak normal akibat kerusakan sel saraf. Hal ini akan membuat penderita mengalami kejang. Biasanya kejang akan diikuti dengan hilangnya kesadaran dengan durasi pendek. Serangan kejang pun terjadi mendadak dan membuat penderita kehilangan kontrol fungsi tubuh. selain itu kejang juga diikuti dengan gejala tidak bernafas dalam jangka 30 detik.

Demikianlah berbagai gejala awal penyakit kanker otak. Kenali sejak dini apa saja gejalanya dan segera lakukan penanganan medis agar sel kanker tidak cepat menjalar.