Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sariawan Di Lidah

By:
Tag: Cara Mengatasi Penyakit, Gejala Penyakit
Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sariawan Di Lidah – Sariawan terjadi karena adanya luka dan infeksi bakteri. Biasanya terjadi di area bibir namun terkadang pula ada pada lidah. khusus untuk sariawan di lidah anda perlu melakukan penanganan khusus. Penyebabnya pun lebih kompleks dibandingkan sariawan di rongga mulut lainnya. Bisa jadi sariawan di bagian ini terjadi karena faktor bakteri atau sebagai sinyal masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu kenali terlebih dulu penyebab sariawan di lidah sebelum mengatasinya.

Sebagian besar penyebabnya adalah bakteri dan virus. Bakteri penyebab sariawan ini sama jenisnya dengan bakteri penyebab herpes dan tukak lambung. Selain itu faktor alergi, cidera dan sensitif terhadap bahan kimia juga menjadi penyebab lain dari sariawan ini. proses pengobatannya selain menjaga kebersihan mulut juga bisa dengan berkumur dengan air garam hingga melakukan anestesi khusus. Berikut ulasan selengkapnya untuk penyebab hingga cara menyembuhkan sariawan di lidah.

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Sariawan Di Lidah

1. Bakteri dan virus
Bakteri seperti Helicobacter pylori merupakan jenis yang paling sering menjadi penyebab sariawan. Jenis bakteri ini juga menjadi sebab yang sama untuk penyakit tukak lambung dan herpes. Menjaga kebersihan alat makan dan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan hal utama untuk mencegah penularan bakteri ini.

2. Sensitif terhadap bahan kimia
Beberapa pasta gigi dan obat kumur terkadang mengandung bahan kimia seperti lauryl sulfate. Walaupun baik untuk kebersihan mulut namun ada beberapa orang yang sensitif dengan zat ini. efek sampingnya akan membuatnya terkena sariawan dan luka pada lidah. namun untuk penyebab ini hanya beberapa orang saja yang kerap mengalaminya.

3. Alergi
Baik itu bakteri jahat maupun baik bersarang di mulut anda. respon tubuh terhadap bakteri ini pun berbeda. Jika responnya berlebih maka menyebabkan alergi dan sariawan di lidah adalah salah satu efeksamping terhadap alergi ini. alergi juga bisa disebabkan faktor makanan dan cuaca di lingkungan anda.

4. Cidera mulut
Sariawan di lidah juga terjadi akibat cidera di mulut. Misalnya tidak sengaja menggigit lidah, menyikat gigi terlalu keras hingga mengalami kecelakaan ketika olahraga. Hal tersebut bisa mengakibatkan luka berkembang dan menjadi sariawan di lidah. namun hal ini bisa disembuhkan dengan menggunakan cara medis maupun alami.

Cara Menyembuhkan Sariawan Di Lidah

1. Bersihkan luka dengan air garam
Upayakan selalu bersihkan luka di lidah karena jika terlambat bakteri dan kuman akan semakin berkembang dan menyebabkan infeksi. Anda bisa berkumur dengan larutan garam hangat untuk mengikis bakteri yang bersarang di lidah. cobalah berkumur dengan larutan tersebut siang dan sore hari.

2. Tempelkan pasta khusus
Untuk mempercepat penyembuhan sariawan anda bisa menggunakan campuran garam, susu magnesium dan baking soda yang dilarutkan menjadi pasta khusus. Oleskan pasta tersebut ke bagian lidah dan diamkan beberapa saat. Setelah rasa sakitnya berkurang barulah anda berkumur. Namun jangan sampai pasta ini tertelan karena penggunaannya hanya untuk luar saja.

3. Anastesi Topikal
Jika sariawan di lidah sudah terlalu parah dan melebar maka bantuan ekstra seperti obat tetes dengan zat anestesi sangat diperlukan. cobalah konsultasi ke dokter dan apoteker perihal penggunaan obat ini. anda bisa menggunakan obat minum dengan kandungan ibuprofen dan parasetamol. Patirasa seperti anastesi topikal dan es merupakan alternatif untuk mengatasi sariawan yang sudah semakin parah.

Demikianlah ulasan tentang penyebab hingga cara menyembuhkan sariawan di lidah. hindari makanan pedas dan asam agar sariawan tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.