Penyebab Dan Gejala Infeksi Saluran Kandung Kemih

By:
Tag: Gejala Penyakit
Penyebab Dan Gejala Infeksi Saluran Kandung Kemih – Infeksi kandung kemih merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mesti dicegah. Penyakit satu ini umumnya menyerang wanita. pasalnya saluran kemih wanita lebih pendek dibandingkan pria sehingga lebih mudah terinfeksi bakteri. Penyebab penyakit saluran kemih ini adalah infeksi bakteri E-Coli. Infeksi bakteri ini akan menyebabkan terganggunya proses kerja saluran kemih. Gaya hidup yang kurang sehat dan tidak bersih menjadi penyebab paling utama bakteri tersebut berkembang di saluran tersebut.

Agar infeksi saluran kemih bisa segera terdeteksi anda wajib tahu apa saja penyebab dan gejalanya. Penyebabnya memang beragam dan tidak hanya bakteri saja. selain itu gejala yang ditimbulkan pun bisa diidentifikasi. Sebagian besar gejala penyakit saluran kemih ini akan menunjukan terganggunya proses buang air kecil serta rasa sakit pada area tersebut. dibawah ini akan diulas lebih lengkap mengenai penyebab hingga gejala infeksi saluran kandung kemih yang bisa anda ketahui.

Penyebab Dan Gejala Infeksi Saluran Kandung Kemih

1. Bakteri E-Coli
Penyebab paling sering penyakit satu ini adalah bakteri Escherichia Coli atau E-Coli. Bakteri akan mudah menginfeksi anda jika tidak menjaga kebersihan organ kewanitaan. Anda mesti membersihkan daerah tersebut secara benar. Selain itu hindari kondisi area kewanitaan dalam keadaan lembab. Area lembab ini akan memudahkan bakteri tersebut tumbuh dan menginfeksi saluran kemih anda.

2. Kurang minum air putih
Jangan remehkan konsumsi air putih secara cukup. Pasalnya jika anda tidak mengonsumsi air putih secara teratur akan membuat tubuh dehidrasi dan ginjal akan kehilangan cairan. Padahal ginjal sangat memerlukan cairan. Hal ini akan membuat penampakan urin menjadi lebih pekat dan memancing bakteri menyerang. Efeknya terjadi infeksi pada saluran kemih anda.

3. Tidak buang air kecil setelah berhubungan
Biasanya bakteri akan disebarkan dari proses berhubungan badan. Bakteri akan ditransfer dari usus melalui uretra dan ini akan membuat bagian kandung kemih mudah terinfeksi. maka dari itu sebaiknya anda melakukan buang air kecil selepas berhubungan agar bakteri tersebut tidak menginfeksi kandung kemih anda.

Gejala Infeksi Saluran Kandung Kemih

1. Air seni berwarna keruh
Yang paling mudah dikenali adalah dari warna air seni nya. Air seni akan berwarna lebih keruh dari biasanya. Hal ini terjadi karena ginjal kekurangan air dan menyebabkan mudah terinfeksi bakteri. Efeknya air seni akan lebih pekat dan keruh. Selain itu intensitas buang air kecilnya pun lebih sering dengan air seni yang sedikit.

2. Perut sekitar kemaluan akan kram
Infeksi saluran kemih juga ditandai dengan rasa kram pada area perut bagian bawah dekat kemaluan. Rasa nyeri ini disebabkan karena bakteri yang menginfeksi bagian tersebut. nyeri tersebut akan terasa makin sakit jika penderita melakukan buang air kecil atau berhubungan badan.

3. Demam
Infeksi bakteri pada saluran kemih juga bisa menyebabkan penderitanya demam. Suhu tubuh akan naik disertai dengan menggigil. Penderita akan mengalami demam dengan intensitas yang sering dan disertai dengan gejala-gejala lainnya.

Itulah berbagai penyebab dan gejala dari infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat menambah informasi dan wawasan anda.