Bisa Dicoba!!! Ini 7 Cara Mengetahui Hamil atau Tidak Tanpa Testpack

By:
Tag: Kehamilan
Bisa Dicoba!!! Ini Cara Mengetahui Hamil atau Tidak Tanpa Testpack - Dikaruniai seorang buah hati tentu menjadi harapan besar bagi sepasang suami istri. Hamil merupakan momen yang paling ditunggu pada pasangan yang baru menikah. Salah satu tanda kehamilan umumnya ditunjukkan melalui keterlambatan menstruasi dan gejala-gejala fisik lain seperti mual, kondisi badan yang tidak stabil dan lainnya.

Untuk memastikan hamil atau tidak, biasanya perlu menggunakan testpack untuk uji urin. Testpack berguna untuk mengetahui ada tidaknya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang hanya ada pada wanita hamil. Namun jika pada kondisi tertentu tidak dapat menggunakan testpack atau tidak sempat membelinya, ada beberapa cara mengetahui hamil atau tidak tanpa testpack. Cara-cara alternatif berikut ini terbilang ampuh untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Cara Mengetahui Hamil atau Tidak Tanpa Testpack

1. Menggunakan Gula
Salah satu alat tes kehamilan manual ini yang paling mudah digunakan karena hampir di setiap rumah sudah pasti tersedia gula. Caranya cukup sederhana, siapkan tiga sendok gula dan urin secukupnya yang ditampung dalam satu wadah. Kemudian tunggu dan amati beberapa sata. Jika terjadi perubahan pada urin yang mengeluarkan banyak busa dan gula tidak larut, maka kemungkinan besar Anda sedang mengandung atau hamil. Begitu juga sebaliknya. Ini terjadi karena hormon HCG dapat menunjukkan reaksi jika bertemu dengan molekul gula.

2. Menggunakan Sabun
Cara mengetahui hamil atau tidak tanpa testpack ini efektif dilakukan saat mandi di pagi hari setelah bangun tidur. Caranya, larutkan sabun mandi dengan air secukupnya. Kemudian tampung urin Anda pada botol dan campurkan dengan buih atau larutan tersebut. Tunggu beberapa saat minimal 10 menit dan jika gelembung sabun yang dihasilkan semakin banyak, maka kemungkinan Anda sedang hamil. Sama seperti gula, sabun juga bisa bereaksi dengan hormon HCG.

3. Menggunakan Pasta Gigi
Pasta gigi yang berwarna putih juga dapat digunakan untuk uji kehamilan. Caranya dengan mengambil sedikit pasta gigi dan dicampurkan dengan urin. Tunggu beberapa saat, jika urin berubah warna menjadi biru dan berbusa maka bisa dipastikan bahwa Anda positif hamil.

4. Menggunakan Pemutih
Anda bisa juga menggunakan pemutih baju untuk mengetahui sedang hamil atau tidak. Caranya hampir sama dengan menggunakan gula, yaitu dengan menyiapkan dua sendok bubuk pemutih yang dilarutkan dalam air. Kemudian campurkan dengan sedikit urin yang di keluarkan saat bangun tidur. Jika timbul bau yang kuat dan menyengat dari hasil campuran, maka ini bisa mengindikasikan Anda sedang hamil.

5. Menggunakan Bunga Dandelion
Apakah Anda pernah mendengar atau melihat bunga dandelion atau tapak dara? Jenis bunga yang mudah ditemui di desa-desa ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara mengetahui hamil atau tidak tanpa testpack. Untuk mengujinya, Anda bisa gunakan beberapa lembar daun dandelion dan direndam dalam urin Anda. Jika dalam 10 menit Anda melihat perubahan warna daun menjadi semburat merah, maka mengindikasikan Anda sedang hamil.

6. Dengan Uji Panas Tubuh
Cara ini bisa dilakukan dengan bantuan mustard untuk uji kehamilan. Caranya dengan menuangkan 2 cangkir mustard ke bak mandi dan berendamlah selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas tubuh Anda dengan air hangat. Apabila siklus haid terhenti dalam waktu seminggu, maka kemungkinan Anda sedang hamil. Namun cara ini tidak banyak diaplikasikan karena dinilai kurang efektif.

7. Menggunakan Cuka
Cairan cuka atau asam cuka bisa digunakan sebagai cara mengetahui hamil atau tidak tanpa testpack. Caranya dengan mencampurkan urin dengan air cuka secukupknya dalam satu wadah bening. Saat awal pencampuran akan muncul gelembung-gelembung air, namun buka ini tandanya. Tunggu beberapa saat lagi hingga terjadi perubahan warna pada campuran cuka dan urin yang tampak memudar. Jika terjadi perubahan tersebut, mengindikasikan Anda sedang hamil.

Itulah beberapa cara mengetahui hamil atau tidak tanpa testpack. Namun perlu diingat, bahwa cara-cara diatas tidak bisa diukur seberapa tingkat akurasinya dan. Sehingga sebaiknya tetap dilakukan tes urin dengan testpack atau mengunjungi dokter kandungan untuk benar-benar memastikan kehamilan.