Beberapa Penyakit Pemicu Osteoporosis

By:
Tag: Macam Penyakit
Beberapa Penyakit Pemicu Osteoporosis - Memang ada beberapa penyakit yang bisa mencetuskan osteoporosis dengan cara menghambat penyerapan kalsium dan vitamin D di dalam usus, atau secara langsung melalui pengeroposan tulang, Berikut ini Beberapa Penyakit Pemicu Osteoporosis tersebut.
Radang Usus.

Penyakit radang usus yang menahim (inflammatory bowel disease) dapat menyebabkan masa lah penyerapan vitamin D dalam usus. Termasuk pe nyakit radang usus adalah ulcerative colitis atau Crohn disease. Pengobatannya bisa melalui pembedahan yany; membuang Sebagian usus. Akibatnya penyerapan vitamin D menjadi terhambat. Dapat juga dengan pemberian kortikosteroid yang bisa menimbulkan osteoporosis.
Beberapa Penyakit Pemicu Osteoporosis

Bedah Bariatrik.
Inilah pembedahan Sebagian lambung atau disebut juga bypass usus dengan tujuan menurunkan berat badan pada penderita obesitas parah. Efeknya, beberapa bulan setelah pembedahan bisa terjadi gangguan penyerapan kalsium dan vitamin D dalam usus. Karena itu, pasien perlu diberi tambahan suplemen kalsium dan vitamin D.

Penyakit Celiac dan Nontropical Sprue.
Ini adalah penyakit keturunan dalam bentuk gangguan penye-rapan yang terjadi dalam usus halus. Efeknya, penderita kekurangan vitamin D. Penyakit ini ditandai dengan fraktur tulang yang berulang.Penyakit ginjal kronis. Gangguan penyakit ginjal yang menahun bisa menyebabkan meningkatnya kadar fosfor. Mineral ini mengikat kalsium dengan cara membawa kalsium keluar dari tulang sehingga menimbulkan osteoporosis. Gangguan gagal ginjal kronis juga menyebabkan kekurangan vitamin D.

Sirosis Hati.
Inilah penyakit hati kronis di mana telali terjadi kerusakan struktur berupa pengerutan jaringan hati. Jika gangguan fungsi hati ini berlangsung lama, maka metabolisme tulang akan terganggu. Osteomalasia. Penyakit ini disebabkan kekurangan vitamin D pada orang dewasa. Disebut juga adult rickets. Efeknya, tulang menjadi lunak dan timbul fraktur tulang panggul, iga, atau tulang bahu.

Kekurangan Vitamin D.
Ini tidak boleh diremehkan karena akibatnya sungguh serius bagi metabolisme tulang. Penyebab kekurangan vitamin D yang paling penting adalah osteomalasia dan hiperparatiroid. Di sisi lain, pemberian vitamin D yang mencukupi akan memperbaiki kepadatan tulang. Banyak penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D menye-babkan menurunnya produksi hormon PTH (para thyroid hormone) sehingga penghancuran tulang ber- kurang dan densitas tulang menjadi lebih baik.

Osteogenesia Imperfecta.
Penyakit ini diturunkan secara genetik. Juga disebut brittle bone disease, yaitu kerapuhan tulang yang terjadi sejak usia kanak- kanak. Akibatnya sungguh mengenaskan, yaitu frak tur tulang yang berulang dan terjadi di beberapa tempat. Penyebabnya adalah adanya gangguan dalam pembentukan kolagen (bahan dasar untuk kepadatan tulang).

Multiple Myeloma, Limfona, dan Leukemia.
Multiple myeloma adalah kanker ganas pada sel plasma (set darah pada sumsum tulang). Sel ganas ini membentuk cytokinese yang merangsang osteoklas dan menghambat osteoblas. Akhirnya tentu saja terjadi osteoporosis. Sedangkan limfoma adalah kanker kelenjar getah bening dan leukemia adalah kanker sel darah putih. Dengan mekanisme serupa, keduanya juga akhirnya menimbulkan osteoporosis.

Penyakit Kelenjar Paratiroid.
Penyakit ini berupa terlalu aktifnya kelenjar paratiroid yang berakibat meningkatnya kadar kalsium dalam darah, sedangkan kadar kalsium dalam tulang berkurang. Gejalanya adalah mual dan muntah, kekurangan cairan tubuh, kerusakan ginjal, dan hilangnya kesadaran. Jika dilakukan operasi pengambilan kelenjar paratiroid, densitas tulang akan meningkat dan risiko fraktur tulang pun menurun.

Penyakit Kelenjar Tiroid.
Kelebihan kadar hormon tiroid akan menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Ini terjadi pada penyakit hipertiroid atau kelenjar tiroid yang overaktif.

Demikianlah tadi ulasan sedikit informasi tentang Beberapa Penyakit Pemicu Osteoporosis, Semoga Bermanfaat.