Ini Dia Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

By:
Tag: Manfaat Buah
Ini Dia Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan - Banyak yang bilang bahwa kedelai bisa menggantikan daging, untuk mereka yang tergolong vegetarian. Bisa dikatakan bahwa kedelai merupakan pakan gudangnya nutrisi. Sejumlah manfaat kesehatan juga bisa anda dapatkan pada berbagai produk dengan basis kedelai ini misalnya susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa kedelai sebagai protein yang lengkap. Ini karena terdapat kandungan jumlah asam amino esensial. Hasil dari pemanfaatan kedelai bisa terlihat di negara-negara pengkonsumsi kedelai ini seperti seperti China dan Jepang, di mana masyarakat dari kedua negara ini memiliki resiko dan jumlah yang lebih kecil terhadap penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan di bawah ini bisa anda dapatkan dari konsumsi kedelai:
Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan
Adanya senayawa isoflavon pada kedelai membuat kedelai, melalui kandungan senyawa ini bisa memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel karena polusi, sinar matahari ataupun karena adanya proses tubuh yang terjadi secara normal.

2. Bisa Menurunkan resiko penyakit jantung
Kandungan protein dan isoflavon pada kedelai, sangat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”). Selain itu juga bisa menurunkan terkena kemungkinan pembekuan darah. Akibatnya adalah bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi susu dengan kandungan 25 gram protein kedelai dengan jangka waktu sembilan minggu bisa mengakibatkan penurunan sampai 5% kolesterol LDL.

3. Bisa Mencegah kanker
Senyawa Isoflavon juga bisa berlaku sebagai agen antikanker alias bisa melakukan proses perlawanan terhadap sel kanker. Senyawa ini bisa melindungi tubuh terhadap penyakit kanker hormon dimulai dari rahim, payudara dan prostat.

4. Mampu membalikkan efek endometriosis
Mengkonsumsi kedelai bisa membantu penundaan aksi estrogen secara alami pada tubuh. Ini yang bertanggung jawab pada pengurangan atau pencegahan rasa sakit pada periode menstruasi (perdarahan berat) serta beberapa gejala lain yang terjadi pada wanita.

5. Bisa mencegah osteoporosis
Protein yang terkandung pada kedelai sangat membantu proses penyerapan kalsium ke tulang dengan lebih baik. Senyawa isoflavon yang terkandung pada kedelai juga memiliki fungsi bisa memperlambat hilangnya tulang serta bisa menghambat rusaknya tulang atau yang lebih dikenal sebagai osteoporosis.

6. Bisa Membantu Mengatasi gejala menopause
Adanya kandungan senyawa isoflavon sangat membantu pengaturan estrogen. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa senyawa isoflavon dari kedelai bisa mengurangi  rasa panas di tubuh (hot flushes) yang terjadi pada wanita yang mengalami menopause.

7. Bisa memberikan dampak yang baik terhadap diabetes dan sakit ginjal
Kandungan protein serta serat yang larut pada kedelai, bisa membantu mengandalikan diabetes dan sakit ginjal, karena zat ini bisa mengatur kadar glukosa darah dan sebagai filtrasi ginjal.

8. Bisa berfungsi untuk menjaga berat badan
Pada kedelai dengan adanya kandungan serat yang tinggi bisa berfungsi sebagai pengatur berat badan. Fungsinya adalah sebagai indeks glisemik rendah (GI) makanan yang bisa mengatur gula darah dan proses fluktuasi pada insulin. Hasilnya adalah bisa melakukan kontrol rasa lapar. Proses penurunan berat badan menjadi bisa sangat terbantu. Jadi kedelai ini sangat aman dikonsumsi untuk yang sedang menjalani proses diet.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan, semoga informasi tadi bisa menginspirasi memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian demi hidup yang lebih sehat. Terimakasih, dan salam sehat selalu!..