Kenali Warna-Warna Air Kencing Beserta Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan

By:
Tag: Kesehatan
Kenali Warna-Warna Air Kencing Beserta Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan - Pernahkan Anda memperhatikan warna air kencing yang berbeda-beda? Hal ini sering kali dianggap sepele pada sebagian besar orang. Padahal dengan mengamati perubahan warna pada air kencing dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesahatan Anda, apakah sedang normal atau sedang mengalami gangguan.

Urin berperan dalam proses reabsorpsi yang menyaring produk limbah dari darah. Beberapa produk dalam tubuh yang tidak berguna dibuang atau disekresikan melalui urin. Sehingga warna urin bisa dijadikan salah satu indikator kesehatan yang penting, terutama untuk mengetahui kondisi ginjal. Bahkan pada beberapa tes diagnosa dokter memerlukan pemeriksaan urin. Berikut ini beberapa warna-warna air kencing beserta artinya sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit serius.

Warna Air Kencing Beserta Artinya

1. Warna Urin Transparan atau Bening
Warna urin pada umumnya memang terlihat bening atau transparan. Ini menunjukkan bahwa tubuh Anda sangat cukup cairan atau terhidrasi. Namun pada beberapa kasus menandakan bahwa Anda terlalu banyak mengkonsumsi air sehingga berpotensi mengalami keracunan air. Meskipun tidak menimbulkan permasalahan yang serius, namun terlalu banyak minum juga tidak baik untuk tubuh dan dapat menimbulkan permasalahan kesehatan yang serius.

2. Warna Urin Oranye
Urin yang berwarna oranye mengindikasikan kondisi yang tidak normal dan menunjukkan adanya masalah pada kesehatan Anda. Biasanya hal ini terjadi karena adanya gangguan pada saluran empedu atau hati sehingga membuat urin berwarna oranye. Namun bisa juga disebabkan karena pengaruh penggunaan obat seperti sulfasalazine (anti inflamasi), obat pencahar, rifampisin, Pyridium dan obat-obat kemoterapi.

3. Warna Urin Kuning Gelap dan Pekat
Warna-warna air kencing beserta artinya yang lain yaitu ketika warna urin Anda kuning gelap dan pekat. Pada urin normal seharusnya berwarna bening dan sedikit kekuningan, namun jika urin Anda memiliki warna kuning yang pekat bisa jadi ini mengindikasikan kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi ini terjadi karena senyawa dalam urin memiliki konsentrasi yang cukup tinggi sehingga mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

4. Warna Urin Coklat Tua
Biasanya warna urin ini terjadi karena sedang mengkonsumsi obat-obatan malaria seperti klorokuin dan primakuin, nitrofurantoin, methocarbamol, metronidazole dan obat pencahar. Urin yang berwarna coklat tua juga seringkali menjadi indikasi adanya gangguan pada saluran kemih dan liver. Jika hati sedang tidak bekerja dengan baik, maka garam-garam empedu beserta kotoran akan dibuang melalui urin sehingga menyebabkan urin berwarna coklat tua. Urin yang berwarna coklat tua bisa mengindikasikan gejala hepatitis.

5. Warna Urin Merah
Urin juga bisa berwarna merah muda yang dihasilkan dari darah pada urin. Kondisi urin yang berwarna merah ini dikenal sebagai hematuria dan termasuk mengkhawatirkan. Menurut pakar kesehatan, urin yang berwarna merah muda mengindikasikan adanya infeksi parah pada saluran kemih seperti batu ginjal, kanker ginjal dan prostat. Penyakit tersebut bisa menyebabkan pendarahan pada saluran kemih sehingga menyebabkan warna urin Anda memerah. Disinilah pentingnya mengamati warna-warna air kencing beserta artinya untuk melakukan upaya pencegahan dini agar penyakit tidak semakin mengkhawatirkan.

6. Warna Urin Biru atau Hijau
Selain hematuria, ada juga kondisi urin berwarna biru yang dikenal sebagai porfiria. Kondisi ini terjadi karena pengaruh pewarna makanan dan obat-obatan seperti amitriptyline, propofol dan indometasin. Selain itu urin berwarna biru juga menunjukkan adanya indikasi penyakit hiperkalsemia atau terlalu banyak konsumsi kalsium di dalam darah. Sedangkan urin yang berwarna hijau, bisa mengindikasikan adanya infeksi bakteri pseudomonas pada saluran kemih akibat mengkonsumsi asparagus.

7. Warna Urin Putih Susu
Dengan mempelajari warna-warna air kencing beserta artinya, Anda bisa mengetahui bahwa warna urin putih susu juga mengindikasikan penyakit berbahaya. Warna urin ini menandakan adanya darah mikroskopis yang terjadi karena adanya infeksi kandung kemih dan batu ginjal. Selain itu juga dapat terjadi karena adanya penularan penyakit seksual seperti gonore.

Melalui informasi warna-warna air kencing beserta artinya diatas, semoga dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca dan dapat melakukan pencegahan lebih dini jika terjadi indikasi serius pada kesehatan. Jika Anda mengalami gejala warna urin yang tidak normal, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk tes urin.