Anda Seorang Perokok? Ini Jenis Makanan yang Membersihkan Paru-Paru

By:
Tag: Manfaat Makanan
Anda Seorang Perokok? Ini Jenis Makanan yang Membersihkan Paru-Paru - Dalam kemasan rokok pun sudah diberikan peringatan “merokok dapat menyebabkan kanker”, namun nyatanya tidak dapat menghentikan kebiasaan rokok bagi pecandunya. Bahkan sudah banyak pula yang mengetahui bahwa dalam sebatang rokok mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dapat merusakan paru-paru.

Ini karena kandungan nikotin pada rokok menyebabkan alam bawah sadar otak Anda terus menginginkan asupan nikotin agar hormon dopamin dapat diproduksi. Hormon dopamin inilah yang memberikan efek rileks dan tenang pada perokok. Pada banyak penelitian sudah menyatakan bahwa pecandu rokok dengan sebungkus rokok setiap hari memiliki risiko terkena kanker paru-paru 20 kali lipat lebih besar daripada bukan perokok.

Menghentikan kebiasaan merokok memang bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi yang sudah kecanduan rokok. Oleh karena itu perlu diimbangi dengan asupan makanan yang membersihkan paru-paru. Dengan cara ini paling tidak dapat mengurangi risiko terserang kanker paru-paru.

Jenis Makanan yang Membersihkan Paru-Paru

Jika Anda seorang perokok berat, berikut ini beberapa makanan yang membersihkan paru-paru yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda:

1. Konsumsi Antioksidan
Ada beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti buah apel, brokoli, kol dan tauge serta sayuran hijau lainnya. Zat antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Konsumsi minimal 5 buah apel dalam satu minggu bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Bahkan pada seseorang yang bukan perokok pun jika kekurangan asupan antioksidan bisa berpotensi terkena kanker.

2. Jahe
Apakah Anda sering mendengar kegunaan jahe sebagai penghangat tubuh dan pereda tenggorokan? Memang benar bahwa jahe sangat berpotensi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat membuat rongga pernapasan lebih lega. Selain itu, jahe mengandung zat antiseptic yang dapat melancarkan saluran bronkial dalam paru-paru sehingga dapat membantu membersihkan paru-paru Anda. Mengkonsumsi jahe untuk membantu membersihkan paru-paru bisa dengan langsung dikunyah atau dibuat minuman hangat.

3. Kedelai
Makanan yang membersihkan paru-paru lainnya adalah kedelai. Dari hasil riset peneliti, kandungan flavonoid pada kedelai berpotensi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Ini karena senyawa flavonoid bersifat sebagai anti-peradangan sehingga dapat membantu menstabilkan kinerja pau-paru dan mengurangi risiko sesak nafas. Oleh karena itu, bagi perokok berat bisa diimbangi dengan mengkonsumsi kedelai untuk memproteksi paru-paru dari pengaruh tembakau rokok yang berbahaya. Dengan rutin mengkonsumsi kedelai juga dapat menurunkan risiko terserang penyakit paru-paru akut maupun kronis.

4. Jeruk Nipis
Tidak hanya berkhasiat untuk kecantikan, jeruk nipis ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan paru-paru. Kandungan pada jeruk nipis dapat menghilangkan zat-zat kimia berbahaya yang menempel pada rongga paru-paru seperti nikotin hingga 70%. Bahkan perasan jeruk nipis pun juga bisa membantu mengurangi kecanduan rokok

5. Jeruk Bali
Selain jeruk nipis, jenis jeruk lainnya yaitu jeruk bali juga termasuk makanan yang membersihkan paru-paru. Jeruk bali sering digunakan untuk terapi pada penderita kanker paru-paru karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C tinggi pada jeruk bali juga berpotensi untuk menghambat kinerja enzim yang membantu sel-sel kanker paru-paru tumbuh. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi jeruk bali, dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru pada pecandu rokok.

6. Jus Wortel
Tidak hanya dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata saja, wortel juga memiliki khasiat untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan kotoran asap rokok. Wortel memiliki kandungan yang potensial seperti vitamin A yang dapat menjaga kesehatan paru-paru Anda. Cara mengkonsumsi wortel untuk membersihkan paru-paru bisa dengan cara dijus atau bisa juga dikonsumsi secara langsung.

7. Bawang Putih
Pernah dilakukan penelitian di China bahwa dengan rutin mengkonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan risiko terserang kanker paru-paru hingga 44% pada pecandu rokok. Ini karena bawang putih mengandung antioksidan tinggi yang membantu mengurangi radikal bebas pada paru-paru. Selain itu senyawa allicin  pada bawang putih juga berperan sebagai anti inflamasi.

Sebagai seorang perokok, sebaiknya Anda mengkonsumsi beberapa makanan yang membersihkan paru-paru tersebut. Hal ini bertujuan untuk menekan risiko gangguan kesehatan pada paru-paru Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.