Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag

By:
Tag: Cara Mengatasi Penyakit, Penyebab Penyakit
Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag - Sebagian besar orang banyak yang menderita penyakit maag dan menganggapnya sepele, tapi sebenarnya jika dibiarkan penyakit maag ini akan semakin parah dan mengganggu sistem pencernaan kita yang mengakibatkan kanker lambung. Sebenarnya apa penyakit maag itu dan bagaimana mengobatinya secara alami tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya ? Lihat selengkapnya mengenai Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag berikut ini.


Penyakit maag adalah terinveksinya lambung akibat adanya bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka pada lambung. Kemudian ada beberapa tingkatan penyakit maag yaitu:


  • Pertama, Biasanya pada tingkat ini semua orang sudah merasakannya tetapi tidak terasa secara langsung
  • Kedua, Pada tingkatan ini biasanya orang yang menderitanya sudah mulai nyeri dilambung yang menyebabkan mual-mual.
  • Ketiga, Pada tingkatan ini lambung sudah terluka akibat terinveksi bakteri Helicobacter pylori.
  • Keempat, Pada tingkatan ini penderita harus segera mendapat perawatan medis sebelum luka di lambungnya bertambah parah.

Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag

Sebenarnya penyebab utama dari penyakit maag adalah pola hidup dan pola makan yang tidak teratur, kemudian ada juga makanan atau minuman yang menyebabkan terjadinya penyakit maag. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang perlu kita hindari agar kita tidak menderita penyakit maag:

- Minuman yang mengandung kafein
Jika anda tidak ingin menderita penyakit maag sebaiknya batasi untuk minum kopi karena kopi mengandung kafein tinggi.Minuman ini biasanya banyak mengandung mengandung soda dan bersifat asam yang mnyebabkan perut menjadi kembung dan merasa semakin tidak nyaman.

- Makanan yang di goreng atau gorengan
Kebanyakan orang banyak yang suka makan makanan gorengan karena makanan ini gurih dan mudah ditemui dimana-mana. Tapi jika anda tidak ingin memiliki penyakit maag sebaiknya anda kurangi mengonkonsumsi gorengan karena makanan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi yang bisa berpengaruh pada asam lambung.

Sebaiknya batasi memakan cokelat dan keju karena makanan ini sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung yang bisa mengakibatkan asam lambung naik.

Setelah anda mengetahui makanan dan minuman yang bisa mengakibatkan penyakit maag, anda juga harus mengetahui gejala-gejala penyakit maag agar anda bisa mengetahui anda memiliki penyakit maag atau tidak. Gejala-gejalanya sbb:

  • Mual dan muntah-muntah
  • Saat buang air besar terasa sakit
  • Perut terasa kembung
  • Sering bersendawa
  • Sering merasa lapar
  • Pada perut dan dada terasa nyeri yang perih


Kemudian setelah membaca info diatas mengenai makanan dan minuman penyebab maag dan gejala-gejala penyakit maag, kurang lengkap rasanya jika tidak ada cara mengobatinya. Nah, disini saya akan memberikan sedikit info mengenai cara mengobati penyakit maag secara alami:

Caranya: ambil 8-10 daun jambu biji, cuci bersih kemudian rebuslah dengan 1 ½ liter air sampai mendidih lalu saring dan minum 3x sehari.

Caranya: ambil 2 ruas kunyit, kupas dan cuci bersih kemudian parut kunyit dan tambahkan air matang secukupnya. Saring dan diamkan dulu kemudian diambil airnya saja. Minum 2x sehari sebelum makan pagi dan malam sebelum tidur.

Caranya: ambil 1 genggam daun cincau kemudian daun dicuci lalu digiling halus. Kemudian remas - remas dengan air masak secukupnya dan disaring, diberi air kapur sirih secukupnya agar cepat menjadi kental. Setelah menggumpal makan dengan air gula atau sirup. Konsumsi 3 kali sehari, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.dapat menghambat sekresi asam lambung karena mengandung Aloenin dan Magnesiun laktat.

Caranya: ambil sekitar 1 lembar gel segar daun lidah buaya, digunakan untuk sekali minum. Minum 2x sehari. Agar gelnya ada rasanya bisa diberi madu secukupnya. Ramuan ini tidak diperbolehkan untuk ibu hamil.

Caranya: Sediakan 1/2 kg biji kedelai kering yang sudah dicuci, sangrai (digoreng tanpa minyak) kedelainya, ditumbuk sampai halus. Kemudian seduh dengan air panas seperti membuat kopi. Dan minum kedelai tersebut 3x sehari sampai sembuh. Jika hanya untuk pencegahan minum sehari sekali saja.

Itulah beberapa tips atau cara sederhana yang bisa anda lakukan di rumah. Setidaknya beberapa tips diatas dapat membantu anda untuk mengatasi sakit maag. Semoga informasi tentang Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag ini dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.